Beberapa film box office yang sukses di pasaran cenderung banyak ditiru oleh berbagai pembuat film lainnya untuk menghadirkan formula cerita yang sama. Sebuah film box office yang laku keras atau laku di pasaran tentunya menjadi “panduan” bagi berbagai film lainnya. Mereka berusaha untuk bisa menirukan berbagai hal yang film tersebut hadirkan mulai dari formula cerita, karakter, atau hal lain. Berikut adalah film box office yang banyak ditirukan.

9Pulp Fiction

Quentin Tarantino adalah salah satu sutradara yang nyeleneh dalam industri perfilman Hollywood di mana tidak sedikit film-film yang dia hadirkan merupakan hasil uji coba atau eksperimen yang dia lakukan. Selain Kill Bill, Pulp Fiction adalah contoh nyata dari hal tersebut. Melalui film Pulp Fiction, Quentin tarantino berhasil menciptakan sebuah film yang menghadirkan perpindahan momen dari satu cerita ke cerita lainnya.

Shot atau pengambilan yang dihadirkan juga menarik dan unik, di mana selain efek dramatis pengambilan gambar yang dilakukan juga menghadirkan efek menegangkan. Perpaduan tersebut membuat para penonton terus bertanya-tanya tentang alur ceritanya yang membuat mereka betah dan harus memperhatikan ceritanya. Yang juga jadi ciri khas Tarantino adalah bagaimana dia tidak ragu untuk menghadirkan eksplisit.

Destiny Turns on the Radio, Things to Do in Denver When You’re Dead, 2 Days in the Valley, Lock Stock and Two Smoking Barrels, dan Seven Psychopaths merupakan beberapa film yang dianggap menirukan film Pulp Fiction. Sayangnya, mayoritas film yang coba menirukan Pulp Fiction tidak bisa meraih kesuksesan yang sama. Meskipun begitu, pengaruh dari film ini di industri Hollywwood tetap tidak terbantahkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.