Pengumuman cast Fantastic Four oleh pihak Marvel Studios menghadirkan juga sosok HERBIE, robot sidekick yang jarang diketahui para fans. Pada 14 Februari kemarin, Marvel Studios merilis sebuah unggahan di mana mereka mengumumkan beberapa nama yang akan berperan sebagai tim Fantastic Four. Mereka juga mengunggah sebuah gambar dari tim Fantastic Four yang baru tersebut. Dalam gambarnya, terdapat sosok robot yang mungkin asing untuk banyak Geeks semua. Robot tersebut bernama HERBIE.

3Siapa HERBIE

Sama halnya seperti beberapa karakter populer lain, seperti Harley Quinn dan Jimmy Olsen, Marvel menciptakan karakter HERBIE untuk media luar sebelum kemudian resmi dimasukan dalam alur cerita komik. Robot HERBIE atau H.E.R.B.I.E. merupakan akronim dari “Humanoid Experimental Robot B-Type Intergrated Electronics.” Robot ini pertama kali muncul di series animasi The New Fantastic Four tahun 1978.

Dalam series animasi tersebut para penonton melihat petualangan dari Mr. Fantastic, The Invinsible Girl, The Thing, dan HERBIE. Human Torch tidak muncul dalam alur ceritanya karena permasalahan hak cipta. Untuk menggantikan sosok Human Torch yang absen dari series animasinya, mereka pun kemudian menggantinya dengan sosok robot cerdas yang jadi sidekick bagi Fantastic Four.

Setelah hanya bertahan selama 13 episode, karakter HERBIE kemudian mulai dimunculkan dalam cerita komiknya. HERBIE muncul dalam alur cerita di komik Fantastic Four #209 di tahun 1979. Dalam cerita komik tersebut diceritakan jika Reed Richards yang membangun H.E.R.B.I.E. untuk membantunya ketika berada di lapangan. HERBIE menjadi robot yag berfungsi sebagai Baxter Building berjalan.

Salah satu ilmuwan dari planet Xandar, Maxter Xar, juga membantu Reed Richards untuk membangun robot canggih tersebut. Ada beberapa tugas lain yang bisa dilakukan oleh HERBIE. Selain membantu Reed ketika berada di lapangan, HERBIE juga sengaja didesain untuk melakukan sebuah kalkulasi atau perhitungan yang sangat intens dan rumit. HERBIE juga sengaja didesain untuk melacak perjalanan hyperspace dari Galactus.

Mereka sengaja melacak keberadaan dari karakter tersebut di mana mereka berusaha untuk meminta bantuan dari Galactus. Master Xar dan Reed Richards meminta bantuan dari Galactus untuk menghentikan sosok villain bernama The Sphinx. Namun, ternyata HERBIE bukan hanya sekedar menjadi robot untuk membantu perhitungan dan membantu mengalahkan musuh.

Peran HERBIE – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.