Pengumuman cast Fantastic Four oleh pihak Marvel Studios menghadirkan juga sosok HERBIE, robot sidekick yang jarang diketahui para fans. Pada 14 Februari kemarin, Marvel Studios merilis sebuah unggahan di mana mereka mengumumkan beberapa nama yang akan berperan sebagai tim Fantastic Four. Mereka juga mengunggah sebuah gambar dari tim Fantastic Four yang baru tersebut. Dalam gambarnya, terdapat sosok robot yang mungkin asing untuk banyak Geeks semua. Robot tersebut bernama HERBIE.

2Peran HERBIE

HERBIE nyatanya memiliki sejarah panjang di Marvel Comics yang mana robot ini ternyata bukan hanya sekedar membantu Reed Richards untuk mencari keberadaan Galactus atau membantunya dalam menghadapi musuh. Robot HERBIE ternyata dimanfaatkan oleh salah satu sosok villain sebagai cara untuk menebarkan teror dan melakukan serangan dan acaman di bumi.

Sosok villain tersebut adalah Doctor Sun. Sosok villain Doctor Sun sendiri diketahui harus dikurung di penjara komputer yang ada di planet Xandar. Karena HERBIE memanfaatkan kecerdasan dari ilmuwan planet Xandar, Master Xar, yang mana Master Xar sendiri menghubungkan teknologinya dengan Living Mind Computer of Xandar, akhirnya sang villain memanfaatkan HERBIE untuk dia lolos dari penjara.

Menjadi jahat dan menjadi wadah bagi Doctor Sun, HERBIE pun akhirnya berubah menjadi sebuah mesin mengerikan yang menghancurkan tim Fantastic Four. Namun, tim superhero tersebut berhasil untuk membuat Doctor Sun keluar dari tubuh HERBIE dan pindah ke superkomputer lainnya yang ada di Baxter Building. HERBIE sendiri pada akhirnya memutusan untuk mengorbankan dirinya demi menghentikan Doctor Sun.

Setelah hancurnya HERBIE, Reed Richards kemudian kembali membangun HERBIE dengan versi yang baru. Namun, sayangnya, HERBIE perlahan mulai menghilang dari cerita komiknya. Robot ini jarang muncul atau muncul sesekali di beberapa cerita komik Fantastic Four saja. Dalam versi era modern, Reed Richards menghadirkan sosok HERBIE sebagai robot penjaga yang cerdas dan canggih untuk merawat dan menjaga Valeria dan Franklin Richards.

Reed Richards sebenarnya sempat menghadirkan robot asisten lainnya yang jadi penerus HERBIE, yaitu H.U.B.E.R.T. yang merupakan kependekan dari “Hyper-Ultronic Beam Employing Randomized Tracings.” Easter egg dari HERBIE sempat muncul di film Fantastic Four tahun 2005 dan juga sempat juga muncul di beberapa series animasi Fantastic Four modern.

Kemunculan HERBIE di MCU – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.