Politik merupakan sebuah tema cerita yang jarang muncul dalam series anime, namun ada beberapa rekomendasi yang bertema tentang politik. Dengan kerumitan dan berbagai intrik mengerikan dalam dunia politik, tidak jarang hal tersebut jarang muncul di sebuah cerita anime. Meskipun begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada judul anime yang menghadirkan tema cerita tentang politik. Berikut adalah rekomendasi anime bertema politik.

8Legend Of Galactic Heroes

Legend of the Galactic Heroes adalah sebuah series anime epik yang bersetting di luar angkasa, mirip seperti alur cerita di franchise Star Wars. Animenya menghadirkan elemen politik dan peperangan yang sangat dahsyat, sesuatu yang jarang muncul dalam berbagai series anime lainnya. Dengan latar belakang konflik antar galaksi, seriesnya mengeksplor tentang perjuangan kekuasaan, filosofi pemerintahan, dan taktik perang.

Terdapat dua sosok karakter penting yang terlibat dalam konflik politik antar galaksi tersebut yaitu Yang Wen-li dan Reinhard von Lohengramm. Setiap karakter yang muncul dalam seriesnya memiliki motivasi dan latar belakang yang dikembangkan dengan baik. Hal ini pun membuat narasi dari seriesnya menjadi kaya dan kompleks. Seperti halnya Moribito, hal lainnya dalam series ini juga menarik untuk diikuti.

Contohnya adalah intrik politik, strategi pertempuran, dan sebagainya. Karena menghadirkan elemen politik, para penonton perlu untuk memperhatikan detail dan memahami nuansa politik yang kompleks. Yang juga menarik adalah alur ceritanya tidak hanya menggambarkan tentang perang saja tetapi juga dampaknya terhadap masyarakat dan individu lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.