Dalam universe Lord of the Rings terdapat banyak benda atau artefak yang berharga dan beberapa diantaranya dianggap yang paling kuat. Dengan kekayaan tema dan cerita, Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien banyak menghadirkan berbagai hal-hal yang menarik. Salah satu contohnya adalah kemunculan berbagai benda atau artefak yang memiliki nilai sejarah dan penting dalam ceritanya. Terdapat beberapa artefak yang dianggap paling kuat di universe Lord of the Rings. Apa saja?

8Sekotak Tanah Milik Sam

Artefak paling kuat di universe Lord of the Rings yang pertama adalah sekotak tanah milik Sam. Dalam cerita trilogi film karya Peter Jackson diperlihatkan bagaimana Samwise Gamgee kecewa dan sedih ketika mendapat hadiah dari Galadriel. Hadiah yang diberikan tersebut . Galadriel nampak memberikan sebuah hadiah berupa sebuah kotak yang berisi pasir atau tanah bagi Sam.

Bagi sebagian penonton, apalagi yang sudah membaca novelnya, momen tersebut mungkin terlihat seperti sebuah adegan lelucon. Bukan tanpa sebab memang, karena ada hal yang tidak filmnya ungkapkan mengenai kotak pasir tersebut. Nyatanya pasir yang Galadriel berikan kepada Sam itu bukanlah benda sembarangan. Hal ini terungkap dalam chapter “The Scouring Of The Shire.”

Dalam chapter yang tidak diadaptasi dalam filmnya tersebut dijelaskan jika pasir yang diberikan oleh Galadriel merupakan pasir ajaib. Dengan menggunakan pasir ajaib tersebut, Sam bisa mengembalikan bagiaan dari The Shire yang Sharkey rusak sebelumnya. Yang menarik kemudian adalah ini menjadi alasan mengapa kemudian para penerus dari Sam sangat ahli dalam hal bertani.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.