Shinjutsu merupakan sebuah teknik ninja baru yang diperkenalkan dalam series Boruto dan ada beberapa karakter pengguna teknik ini yang dianggap paling kuat. Series Naruto sebelumnya memperkenalkan tiga jenis utama dari Jutsu, yaitu Taijutsu, Genjutsu, dan juga Ninjutsu. Namun, series Boruto kemudian memperkenalkan sebuah jenis Jutsu baru lainnya yang jauh lebih dahsyat yaitu Shinjutsu. Sejauh ini, terdapat beberapa karakter pengguna Shinjutsu paling kuat di series Boruto. Siapa saja?

7Momoshiki Otsutsuki

Pengguna Shinjutsu paling kuat selanjutnya adalah Momoshiki Otsutsuki. Sebenarnya, pada awalnya banyak dari para fans yang tidak menyadari jika sosok Otsutsuki tersebut merupakan salah satu pengguna Shinjutsu. Namun, kemudian di chapter sebelumnya akhirnya terungkap jika Momoshiki juga ternyata memang mampu untuk menggunakan teknik luar biasa tersebut.

Dalam chapternya dijelaskan bagaimana Momoshiki mampu untuk mewariskan kekuatan dari Karma kepada Uzumaki Boruto. Menurut Momoshiki sendiri, kekuatan tersebut merupakan bentuk dari Shinjutsu. Yang menarik juga adalah selain Momoshiki merupakan salah satu pengguna Shinjutsu paling kuat, dia juga nampaknya memiliki pengetahuan yag cukup luas mengenai teknik ini.

Hal ini terbukti ketika Amado menjelaskan tentang Shinjutsu dan juga Shibai Otsutsuki kepada Naruto dan juga Shikamaru. Momoshiki nampak memberikan penjelasan dan juga koreksi mengenai apa yang dia ketahui mengenai Shinjutsu kepada Boruto. Namun, Momoshiki sendiri sekarang sudah menyatu dengan sosok Uzumaki Boruto yang artinya kemampuan tersebut dia wariskan kepada Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.