Platform streaming Netflix sering menghadirkan berbagai docuseries atau film dokumenter yang menghadirkan berbagai hal kontroversial dan mengganggu. Salah satu hal yang membuat Netflix banyak digandrungi oleh orang-orang adalah bagaimana mereka sering menghadirkan berbagai tayangan orisinal mulai dari film, series, dan juga dokumenter. Ketika berbicara mengenai dokumenter, tentunya tidak semua tanggapan positif bisa didapatkan. Terkadang, ada juga dokumenter yang justru memancing hal kontroversial dan banyak menghadirkan adegan mengganggu. Berikut adalah beberapa diantaranya.

8Ice Cold: Murder, Coffee And Jessica Wongso

Dokumenter Netflix paling kontroversial yang pertama adalah Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Ini merupakan dokumenter yang riis pada 2023 kemarin. Sesuai dengan namanya, dokumenter ini menghadirkan cerita tentang kasus pembunuhan yang sangat kontroversial dan fenomenal dari Mirna Salihin. Seperti yang Geeks ketahui, Mirna diketahui tewas akibat dibunuh oleh sahabatnya sendiri Jessica Wongso.

Menurut kasusnya, Mirna meninggal akibat meminum es kopi Vietnam yang dipesan oleh Jessica Wongso. Selama masa persidangan yang berjalan beberapa tahun lalu, ada banyak hal kontroversial yang muncul. Banyak hal yang dianggap janggal, baik dari pihak Mirna dan keluarganya ataupun dari pihak Jessica sendiri. Bahkan, kasus ini sempat merebut perhatian hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Mereka penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi, karena banyak informasi dan kabar yang simpang siur berkaitan dengan hal ini. Dan dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso sempat menghadirkan berbagai sisi lain dari kasus tersebut. Yang kemudian membuat dokumenter kontroversial adalah banyak yang beranggapan jika dokumenternya justru mengisyaratkan jika Jessica tidak bersalah. Dan perdebatan sendiri bahkan masih terus berlanjut hingga sekarang.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.