Meskipun umumnya manga memiliki puluhan hingga ratusan chapter, namun ada beberapa rekomendasi yang dianggap sebagai manga pendek terbaik. Mayoritas manga populer biasanya menghadirkan jumlah chapter yang panjang. Terkadang, hal itu membuat para fans bosan dengan alur cerita yang ada. Namun, ada beberapa manga pendek yang tidak kalah menarik dari berbagai manga populer lainnya. Berikut rekomendasi manga pendek terbaik.

10Goodbye, Eri

Rekomendasi manga pendek terbaik yang pertama adalah Goodbye, Eri. Sekilas, jika Geeks melihat art style dari manga ini mungkin akan terlihat familiar. Ini merupakan manga karya Tatsuki Fujimoto, yang merupakan kreator dari series populer Chainsaw Man. Manga ini diketahui hanya memiliki satu chapter saja, yang mana bisa dibilang Goodbye, Eri merupakan manga yang masuk genre one-shot.

Goodbye, Eri bercerita atentang sososk Yuta, seorang pembuat film muda yang harus bergelut dengan kesedihan dan kehilangan pasca kematian dari sang ibu. Yang menarik kemudian adalah banyak yang beranggapan jika cerita di manga ini sendiri sebenarnya merupakan karya dari Yuta. Dan ada beberapa peristiwa dalam ceritanya yang dianggap menjadi petunjuk dari spekulasi tersebut.

Fujimoto dianggap berhasil untuk menghilangkan batasan atau mempertipis batasan antara sesuatu yang nyata dan buatan. Kemungkinan alur cerita film dalam manga dan bahkan manga itu sendiri, menjadi sebuah tempat bagi Yuta untuk menggambarkan tentang apa yang dia rasakan. Sebagaian jugaa menganggap jika Goodbye, Eri menjadi cara bagi Fujimoto untuk berkomunikasi dengan semua pembuaat film.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.