Beberapa film adaptasi komik ini nyatanya bukan membahas mengenai kisah superhero atau fiksi melainkan adaptasi kisah nyata. Ketika berbcara mengenai film adaptasi komik, umumnya yang muncul dalam benak kebanyakan orang adalah film yang bertema superhero. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya ada juga film adaptasi komik yang alur ceritanya diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja?

8Barefoot Gen

Film adaptasi komik dari kisah nyata yang pertama adalah Barefoot Gen. arefoot Gen merupakan salah satu manga yang cukup unik, karena bisa dibilang manga ini menjadi sebuah memoir dari perjalanan hidup sang mangaka. Keiji Nakazawa adalah mangaka yang menulis alur cerita Barefoot Gen yang rilis pada 1973 hingga 1974. Pada 1983, manganya kemudian mendapatkan adaptasi anime.

Barefoot Gen menghadirkan situasi pasca apa yang terjadi ketika bom atom Hiroshima dan Nagasaki terjadi, namun Hiroshima jadi fokus utama dari setting ceritanya. Sosok Gen adalah remaja yang diceritakan selamat dari momen mengerikan pada saat itu. Sebenarnya, sosok Gen dalam cerita ini merupakan sosok kreator dari ceritanya. Dengan kata lain, Barefoot Gen merupakan kisah bagaimana Keiji Nakazawa selamat dari bom atom Hiroshima ketika usianya 6 tahun.

Dalam peristiwa tersebut, Nakazawa kehilangan ayah dan dua kakaknya. Adiknya sendiri harus mengalami kematian yang tragis, di mana dia tewas akibat radiasi. Ibunya kemudian meninggal pada 1966 akibat leukimia. Semua kisah hidup dari Nakazawa tersebut kemudian dia hadirkan dalam cerita Barefoot Gen. Respon dari masyarakat tentang Barefoot Gen sendiri sangat luar biasa.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.