Beberapa film adaptasi komik ini nyatanya bukan membahas mengenai kisah superhero atau fiksi melainkan adaptasi kisah nyata. Ketika berbcara mengenai film adaptasi komik, umumnya yang muncul dalam benak kebanyakan orang adalah film yang bertema superhero. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya ada juga film adaptasi komik yang alur ceritanya diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja?

7Blue Pills

Jika Barefoot Gen merupakan kisah nyata tragis tentang korban selamat bom atom saat perang dua kedua, Blue Pills merupakan kisah nyata dari sudut pandang mereka yang bertahan hidup dari penyakit mematikan yaitu HIV dan AIDS. Memiliki judul asli Pilules Bleues, Blue  Pills merupakan komik autobiografi dari Swiss dan Perancis yang rilis pada 2001. Baru pada 2014 komiknya diadaptasi dalam versi TV film oleh Jean-Phillipe Amar.

Pada awalnya, ilustrator komiknya, Frederik Peeters, bertemu dengan seseorang bernama Cati. Kedekatannya dengan Cati membuat dia kemudian mau membuka diri dan bercerita tentang penyakit HIV yang dia derita. Bahkan, Cati bercerita jika bukan hanya dia yang menderita HIV melainkan putranya yang berusia 3 tahun juga. Meskipun begitu, Peeters memutuskan untuk tetap dekat dan berhubungan dengan Cati.

Dalam pengalamannya tersebut Peeters mengingat bahwa Cati dan anaknya harus memakan pil berwarna biru untuk pengobatannya. Inilah yang kemudian menjadi judul dari komik tersebut. Selain menghadirkan cerita tentang hubungan mereka bertiga, Blue Pills menghadirkan cerita dari sudut pandang dokter yang merawat Cati. Yang menarik adalah Blue Pills tidak menghadirkan cerita sedih tentang kematian korban penyandang HIV dan AIDS, namun justru memperlihatkan kehidupan sehari-hari yang mereka jalankan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.