Sejak kemunculan industri film di dunia ada banyak franchise film yang muncul dan bertahan sampai sekarang menjadikannya franchise film terpanjang dalam sejarah. Ketika sebuah film sukses atau berhasil meraih keuntungan dan mendapatkan popularitas, tidak mengherankan jika pihak rumah produksi menginginkan film lainnya. Bahkan, tidak jarang mereka juga menghadirkan series bahkan spinoff. Hal itu membuat filmnya jadi sebuah franchise besar. Dan dalam sejarah film terdapat beberapa franchise yang dianggap terpanjang. Apa saja?

11Terminator – 1984

Franchise film terpanjang dalam sejarah yang pertama adalah The Terminator. James Cameron sudah menjadi sosok sutradara yang sangat luar biasa bagi beberapa film klasik, luar biasa, dan legendaris. Contohnya adalah Titanic, Avatar, dan yang sangat fenomenal hingga sekarang juga adalah The Terminator. Ini merupakan salah satu film epik pertama kreasi dari sang sutradara, yang mana film ini juga menjadi alasan mengapa James Cameron kemudian jadi sutradara yang diperhitungkan di Hollywood.

Berperan sebagai penulis dan sutradara, The Terminator rilis pada 1984 dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. The Terminator juga nyatanya menjadi batu loncatan yang luar biasa bagi karir Arnold di industri film Hollywood. Dia terkenal karena perannya sebagai sang robot terminator dari masa depan yang dikirim kembali ke masa lalu untuk mencegah perang besar pada masa depan.

Sayangnya, franchise Terminator sendiri mengalami pernurunan kualitas yang mana banyak pihak menganggap jika franchise ini tidak bisa meneruskan tren positif dan hal dahsyat lainnya seperti di film pertama. Bahkan, saking frustasinya pihak studio untuk menghidupkan kembali franchise ini mereka sampai menghadirkan dua karakter lama, termasuk Arnold Schwarzenegger. Terminator: Dark Fate dianggap sebagai film terakhir dari franchise yang bertahan selama 35 tahun ini.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.