Sejak kemunculan industri film di dunia ada banyak franchise film yang muncul dan bertahan sampai sekarang menjadikannya franchise film terpanjang dalam sejarah. Ketika sebuah film sukses atau berhasil meraih keuntungan dan mendapatkan popularitas, tidak mengherankan jika pihak rumah produksi menginginkan film lainnya. Bahkan, tidak jarang mereka juga menghadirkan series bahkan spinoff. Hal itu membuat filmnya jadi sebuah franchise besar. Dan dalam sejarah film terdapat beberapa franchise yang dianggap terpanjang. Apa saja?

10Predator – 1987

Seperti halnya The Terminator, Predator merupakan franchise terpanjang dalam sejarah yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Pasca kesuksesan The Terminator, Arnold kembali membintangi film yang berhasil membuat para penonton terkejut yaitu Predator. Rilis pada 1987, Predator bukan hanya menghadirkan aksi khas era 1980an. Film ini juga memperkenalkan monster mengerikan yang jadi salah satu karakter ikonik hingga sekarang.

Yang unik kemudian adalah meskipun karakter Arnold dan juga para aktor lainnya menghadirkan kualitas akting luar biasa, namun justru para Yautja alias para monster predator yang jadi karakter ikonik dari franchise film ini. Bahkan, kepopuleran dari predator alias Yautja membuat franchise ini sempat beberapa kali melakukan kolaborasi alias crosssover dengan franchise lainnya seperti Alien bahkan DC Comics.

Franchise Predator sendiri bertahan selama 35 tahun hingga sekarang dan mereka sepertinya masih belum akan berhenti. Sempat menghadirkan reboot di tahun 2018 yang bisa dibilang gagal total, namun di tahun 2022 mereka menghadirkan film Prey yang menjadi angin segar bagi franchise ini dengan berhasil mengantongi pemasukan yang besar. Bahkan, filmnya juga mendapatkan ulasan yang baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.