Terdapat sebuah spekulasi menarik mengenai alasan Eiichiro Oda menghadirkan kekuatan buah iblis es pada sosok Aokiji di series One Piece. Sosok Aokiji merupakan salah satu karakter yang menarik dalam cerita One Piece. Dia merupakan mantan angkatan laut yang sekarang memutuskan untuk menjadi bagian dari kelompok bajak laut. Terdapat sebuah teori menarik mengenai alasan mengapa Oda beri kekuatan es kepada Aokiji.

3Aokiji Dan Moralitasnya

Dalam cerita One piece para angkatan laut memiliki sebuah pemikiran atau ideologi yang memang mereka terapkan atau mereka laksanakan sejak bergabung, yaitu keadilan absolut. Absolute Justice atau keadilan absolut merupakan sebuah pemahaman di mana segala bentuk kejahatan atau mereka yang melanggar peraturan harus dihukum atau menerima ganjarannya, tidak peduli bagaimana pun situasi atau pun kondisinya.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan yang membuat angkatan laut banyak dibenci oleh orang-orang. Fleet Admiral Sakazuki adalah salah satu contoh nyata dari sosok angkatan laut yang menganut pemahaman atau doktrin ini. Mereka tidak peduli dengan apa yang terjadi, seperti apa situasainya, bagi mereka menghentikan kriminal adalah sebuah keharusan yang bahkan akan mereka bayar dengan nyawa.

Meskipun begitu, pada kenyataanya, masih ada juga angkatan laut yang menggunakan moralnya dibandingkan mengikuti iedologi tersebut. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun mereka adalah orang yang “berlawanan” dengan mayoritas angkatan laut. Aokiji adalah salah satu karakter yang memiliki ideologi yang berlawanan. Diketahui jika Aokiji lebih menganut Lazy Justice atau Keadilan Yang Malas.

Aokiji merupakan mantan salah satu admiral angkatan laut yang memutuskan untuk mundur dari posisina tersebut karena dia tidak mau berada di bawa kekuasaan Akainu. Sebelumnya, Akainu diketahui harus bertarung selama 10 hari penuh demi memperebutkan kepemimpinan di angkatan laut. Namun, dia kalah dan dia lebih memilih untuk tidak berada di angkatan laut.

Hal itu menjadi bukti bahwa Aokiji adalah sosok yang menentang doktrin keadilan absolut. Bahkan, jauh sebelumnya, saat peristiwa Ohara sosok Aokiji benar-benar dibuat tidak percaya dengan tindakan Akainu yang menghabisi seluruh penumpang kapal penduduk Ohara yang tidak bersalah. Bagaimana kemudian Aokiji membiarkan Nico Robin hidup juga menjadi bukti lain dari Kuzan yang menentang keadilan absolut.

Arti Lazy Justice – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.