Meskipun dalam cerita The Lord of the Rings nama Morgoth hanya disebutkan sekilas, namun dia merupakan salah satu karakter yang penting. Dalam hal ini, Morgoth merupakan sosok dark lord atau penguasa kegelapan yang jauh lebih jahat, jauh lebih kuat, dan jauh lebih mengerikan dari Sauron. Banyak dari para fans mungkin lebih mengenal sosok Sauron sebagai penguasa kegelapan atau sosok villain di cerita Lord of the Rings. Namun, ada sosok dark lord yang jauh lebih kuat yaitu Morgoth.

3Morgoth Lebih Tua Dari Alam Raya

Alur cerita The Lord of the Rings dan The Hobbit menghadirkan beberapa villain yang dikenang oleh para fans, mulai dari Sauron dan pasukannya, seperti Saruman the White dan juga Nazgul, sampai naga Smaug. Namun, semua itu tidak ada bandingannya dengan sosok dark lord paling kuat dan juga sosok villain paling jahat dan pertama muncul di cerita Lord of the Rings yaitu Morgoth.

Secara popularitas, Morgoth memang tidak terlalu terkenal seperti penerusnya yaitu Sauron. Namun, tidak ada yang jauh lebih berbahaya daripada Morgoth. Sebenarnya, sosok Morgoth pertama kali muncul dan menjadi villain utama dalam cerita karya Tolkien lainnya yaitu The Silmarillion. Sayangnya, saat itu, pihak penerbit sempat menolak draft awal ceritanya yang kemudian dirubah oleh Tolkien.

Draft itulah yang kemudian menjadi cikal bakal dari cerita The Lord of the Rings, yang mana kemudian nama dari Morgoth pun direferensikan dalam ceritanya. Meskipun kemudian Morgoth berhasil dikalahkan dalam ceritanya, yang kemudian apa yang dia inginkan diteruskan oleh penerusnya, Sauron, efek dari apa yang dia lakukan benar-benar merusak dan memunculkan kegelapan di Middle-Earth.

Lalu, siapa sebenarnya Morgoth dalam cerita Lord of the Rings? Asal-usul dari Morgoth atau Melkor, sangat berkaitan dengan terciptanya Ea, universe atau bumi yang jadi setting bagi cerita The Lord of the Rings yaitu Middle-Earth. Melkor merupakan Ainur atau makhluk suci ciptaan Iluvatar yang sangat cerdas dan kuat, yang mana hal itu justru membuat dia menjadi sosok yang egois.

Melkor ingin dipuja oleh banyak orang dan dia berusaha untuk menyerap kekuatan dari Iluvatar. Ketika Iluvatar meminta para Ainur untuk bernyanyi berupa puji-pujian dan hal baik demi membentuk Ea, Melkor justru menghadirkan nyanyian tentang kebencian dan hal yang jahat. Namun, Iluvatar sendiri mengakui bahwa hal itu memang sudah didesasin sejak awal yang mana menurutnya sesuatu yang jahat bisa muncul dari hal yang baik.

Melkor merupakan salah satu dari Valar yang muncul di planet Arda untuk mempersiapkan para Elf dan juga manusia, yang mana kedua bangsasa tersebut sudah diciptakan sedemikian rupa oleh Iluvatar sebagai penghuni awal dari planet tersebut. Tujuan Melkor muncul di planet Arda adalah untuk menguasai dunia baru tersebut. Inilah yang membuat dia kemudian melakukan sabotase terhadap para Valar lainnya.

Dalam bagian “Ainulindalë” dalam cerita The Silmarillion dijelaskan jika Melkor benar-benar melakukan hal kebalikan atau hal sebaliknya yang sebelumnyaa sudah ditakdirkan. Dan upaya Melkor alias Morgoth untuk menguasai Arda kemudian lebih dikenal sebagai First war. Tulkas, sosok Valar terkuat, kemudian berhasil mengalahkan Melkor alias morgoth. Meskipun begitu, ini bukan akhir dari semua konflik yang ada.

Morgoth sadar bahwa dia tidak bisa menghadapi para Valar sendirian, yang mana dia kemudian membangun sebuah istana bawah tanah yang disebut sebagai Utumno. Di sana, dia pun mencoba untuk merekrut sesama malaikat lainnya yaitu Maiar. Dan para maiar yang ikut jejak dari Morgoth alias Merkol banyak yang berubah menjadi bangsa lain di Arda. Meskipun begitu, salah satau dari mereka berubah menjadi sesuatu yang beda dan dia adalah Sauron yang kemudian menjadi penerusnya.

Dark Lord pertama Di Middle-Earth – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.