Meskipun dalam cerita The Lord of the Rings nama Morgoth hanya disebutkan sekilas, namun dia merupakan salah satu karakter yang penting. Dalam hal ini, Morgoth merupakan sosok dark lord atau penguasa kegelapan yang jauh lebih jahat, jauh lebih kuat, dan jauh lebih mengerikan dari Sauron. Banyak dari para fans mungkin lebih mengenal sosok Sauron sebagai penguasa kegelapan atau sosok villain di cerita Lord of the Rings. Namun, ada sosok dark lord yang jauh lebih kuat yaitu Morgoth.

2Dark Lord pertama Di Middle-Earth

Dalam bagian “Valaquenta” di cerita The Silmarillion, Tolkien menjelaskan bahwa arti dari nama Melkor sendiri adalah ‘Dia yang bangkit dalam Keagungan.” Raja dari para Valar, Manwë, tidak mampu memahami tentang konsep jahat yang mana hal ini membuat Melkor dengan mudah mengelabuinya. Pertempuran yang melibatkan Valar dan Maiar menyebabkan banyak sekali korban, yang mana inilah alasan utama mereka tidak muncul dalam War of the Ring.

Setelah terbebas dari pengaruh Melkor karena Tulkas berhasil mengalahkannya, para Valar kemudian membangun Two Lamps, menara raksasa yang menyinari seluruh wilayah Middle-Earth. Setelah menara tersebut selesai, mereka kemudian berpesta besar untuk merayakannya. Sauron kemudian menginformasikan kepada Melkor terkait hal tersebut dan dia melihat momen itu sebagai kesempatan untuk menyerang.

Ketika para Valar teralihkan perhatiannya, Melkor menghancurkan kedua menara tersebut. Hal itu bukan hanya membuat Middle-Earth kemudian menjadi gelap, namun juga merubah bentuk dari wilayah tersebut dan membuat banyak daratan terbakar akibat api dari Two Lamps. Para Valar kemudian mundur ke bagian barat benua Aman dan kemudian membangun wilayah Valinor.

Di sanalah para Valar kemudian membangun Two Trees yang memiliki fungsi yang sama dengan Two Lamps. Melkor sendiri akhirnya berhasil menguasai seluruh Middle-Earth dan dia kemudian melanjutka proses untuk membangun pasukannya. Morgoth alias Melkor banyak membangun makhluk jahat yang mana mereka semua muncul di cerita The Hobbit dan The Lord of the Rings.

Contoh makhluk yang Morgoth ciptakan adalaah Orcs, Trolls, naga, Balgors, dan beberapa Maiar yang berhasil dia pengaruhi untuk jadi jahat. Pada akhirnya, bangsa Elf pun kemudian lahir di Middle Earth. Khawatir jika Melkor akan menghabisi atau merubah mereka menjadi jahat, para Valar kemudian kembali ke Middle-Earth. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Battle of Powers.

Para Valar kembali bisa mengalahkan Melkor, namun Sauron berhasil untuk kabur. Karena, Middle-Earth masih belum aman dari ancaman Melkor akhirnya para Valar membawa seluruh Elf ke Valinor. Mereka juga membawa serta Melkor yang berhasil dilumpuhkan dan kemudian ditahan selama 3000 tahun. Melkor kemudian membenci para Elf, karena menurutnya merekalah yang membuat para Valar menyerangnya.

Setelah hukumannya selesai, Melkor berpura-pura menyesali apa yang dia perbuat dan akhirnya Valar pun membebaskannya. Namun, Morgoth kemudian menjalin kesepakatan dengan monster laba-laba pertama yang ada di universe tersebut yaitu Ungoliant, di mana monster itu mau menuruti perintahnya dengan kesepakatan monster itu bisa memakan cahaya yang tidak lain adalah Two Trees.

Melkor juga kemudian berhasil mencuri perhiasan atau permata yang paling berharga milik bangsa Elf, yaitu Silmarils. Semenjak kejadian tersebut, para bangsa Elf kemudian menyebut  Morgoth sebagai Dark lord Morgoth, yang berarti “Musuh Gelap Dunia” dan Melkor alias Morgoth sudah tidak dianggap lagi sebagai salah satu dari Valar.

Morgoth Menghancurkan Middle-Earth – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.