Sauron merupakan sosok villain dan penyihir yang sangat populer dari cerita The Lord of the Rings dan mungkin tidak banyak yang tahu jika karakter ini memiliki evolusi wujud. Dalam cerita The Lord of the Ring, nama Sauron mungkin lebih erat dengan makhluk yang memiliki bentuk mata besar yang selalu mengawasi Middle-Earth. Inilah alasannya mengapa kemudian mata itu diberi nama Eye of Sauron. Namun, berbicara mengenai Sauron mungkin tidak banyak yang tahu jika sebenarnya dia memiliki beberapa wujud. Berikut adalah evolusi wujud Sauron.

4Malaikat Yang Berubah Wujud

Sebenarnya, J.R.R. Tolkien sendiri tetap menjaga kerahasiaan dari penampilan atau wujud dari Sauron. Dia justru menghadirkan karakter Sauron seolah merupakan makhluk spiritual daripada makhluk nyata. Bahkan, Tolkien pernah melukis gambar dari Sauron dengan cat warna yang masih menjadi misteri. Sauron juga diperlihatkan merupakan sosok bayangan yang hidup, dengan api yang menyala dari sosoknya.

Sauron diketahui memiliki satu tujuan yaitu menguasai seluruh Middle-Earth demi mempertahankan sesuatu yang kemungkinan adalah the One Ring. Sauron ternyata memiliki koneksi dengan terciptanya Middle-Earth itu sendiri. Sebelum semuanya dimulai, Eru Ilúvatar menciptakan dua malaikat yaitu Valar dan Maiar – malaikat yang dahsyat dan malaikat yang biasa.

Mereka ikut ambil bagian atas terciptanya Middle-Earth melalui lagu atau pujian. Ketika semuanya seharusnya berjalan dengan harmoni dan baik, justru kenyataanya tidak demikian. Valar Melkor mulau menyanyikan lagu tentang peperangan, kebencian, dan sebagainya. Dia melakukan hal tersebut untuk membedakan dirinya dengan para Valar lainnya, yang mana hal itu ternyata tidak berhasil.

Namun, efek dari nyanyian Valar Malkor kemudian benar-benar menciptakan kejahatan dan kebencian. Valar Malkor kemudian tidak lagi menjadi bagian dari Valar dan kemudian dia berusaha untuk menguasasi Middle-Earth. Ketika dia hendak pergi ke Middle-Earth, Makor mengajak para Maiar untuk ikut bersamanya dan banyak dari mereka yang kemudian mengikuti jejaknya.

Ketika kemudian banyak para Maiar berubah wujud menjadi Balrogs, satu Maiar justru berubah menjadi sosok yang paling beda dengan yang lainnya. Nama dari Maiar tersebut adalah Mairon yang kemudian lebih kita kenal dengan nama Sauron. Dia merupakan komandan dari pasukan milik Morgoth alias Melkor, dan seperti para Maiar kebanyakan, dia bisa berubah wujud dan menyembunyikan wujud aslinya.

Di era First Age sendiri diketahui jika Sauron pernah menggunakan atau berubah wujud menjadi tiga hal; ular, manusia serigala (werewolf), dan vampir. Dalam novel The Silmarillion, yang merupakan karya Tolkien lainnya. Sauron diceritakan berhasil menguasai sebuah pulau para Elf yaitu Tol Sirion dan mengubahnya menjadi “pulau para werewolve.” Namun, dia kemudian berhasil dikalahkan dan diusir dari sana.

Seorang Elf bernama Luthien dan sekutunya, Huan, kemudian bertarung menghadapi Sauron. Dan dalam pertarungan inilah Sauron menunjukan tiga wujud tersebut. Meskipun sempat berhasil ditangkap dan ditahan, namun Sauron berhasil melarikan diri. Dan untuk waktu yang cukup lama, dia pun kemudian memutuskan sembunyi setelah mengetahui tuannya yaitu Morgoth berhasil dikalahkan.

Annatar Dan Penciptaan The One Ring – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.