Sauron merupakan sosok villain dan penyihir yang sangat populer dari cerita The Lord of the Rings dan mungkin tidak banyak yang tahu jika karakter ini memiliki evolusi wujud. Dalam cerita The Lord of the Ring, nama Sauron mungkin lebih erat dengan makhluk yang memiliki bentuk mata besar yang selalu mengawasi Middle-Earth. Inilah alasannya mengapa kemudian mata itu diberi nama Eye of Sauron. Namun, berbicara mengenai Sauron mungkin tidak banyak yang tahu jika sebenarnya dia memiliki beberapa wujud. Berikut adalah evolusi wujud Sauron.

3Annatar Dan Penciptaan The One Ring

Ketika Sauron menggunakan wujud vampir atau werewolf, Sauron memang cukup efektif pada saat itu. Namun, nyatanya hal itu tidak berlaku selamanya. Setelah Morgoth berhasil dikalahkan dalam War of the Powers, Sauron memutuskan untuk bersembunyi dan menyusun rencana baru. Dengan menyamar menjadi seorang pembawa pesan dari para Valar, Sauron kemudian menggunakan wujud yang berbeda.

Memiliki nama Annatar, secara penampilan sosoknya mirip seorang Elf. Sebagai Annatar, Sauron menyembunyikan semua sifat jahat dan buruknya. Pada masa inilah Sauron kemudian menjalin hubungan yang baik dengan Celebrimbor. Dia merupakan penguasa dari wilayah Eregion dan merupakan seorang pangeran Noldorin yang merupakan keturunan terakhir dari House of Fëanor.

Bersama-sama, Sauron alias Annatar dan Celebrimbor kemudian membuat Rings of Power. Sauron juga berhasil mengelabui para bangsa Elf untuk mau membuat Rings of Power, dengan harapan jika cincin tersebut akan menjadi malapetaka bagi mereka. Namun, pada akhirnya, penyamaran Sauron pun terbongkar. Inilah yang kemudian menjadi awal mula peperangan antara para Elf dan juga Sauron.

Dalam pertempuran ini, Sauron diperlihatkan kalah dan dia pun kemudian dibawa dalam keadaan dirantai menuju Numenor dalam keadaan dirantai. Tetapi, ternyata itu merupakan bagian dari rencana besar Sauron. Seperti yang dia lakukan kepada para Elf, Sauron yang menyamar menjadi Annatar mampu untuk mengelabui para penduduk Numenor. Akibat dari tindakan “jahat” yang mereka lakukan, para Valar kemudian menenggelamkan pulau Numenor di bawah laut. Dan wujud fisik dari Sauron alias Annatar pun ikut tenggelam dan hancur dalam peristiwa tersebut.

Yang menarik kemudian Tolkien menghadirkan wujud lainnya selain Annatar, yaitu Halbrand. Hal ini terjadi dalam alur cerita The Rings of Power, di mana dalam ceritanya diperlihatkan Halbrand bergabung dengan Galadriel dalam perjalannnya. Sauron menyembunyikan identitas aslinya dan dia menggunakan identitas sebagai raja terakhir dari Southlands yaitu Halbrand.

Dengan wajah yang sangat tampan dari Halbrand, juga dengan berbagai tipu daya yang dia lakukan, hal tersebut berhasil mengelabui Galadriel untuk sementara waktu. Namun, ketika Galadriel melakukan pengecekan garis keturunan dari para raja di Southland terungkap jika sang raja terakhir sudah tewas ribuan tahun lalu. Galadriel pun kemudian menyerang Halbrand yang memaksa dia untuk memperlihatkan wujud aslinya yaitu Sauron.

Dalam hal ini, Sauron berusaha untuk membuktikan jika dia ingin membayar kesalahannya pada masa lalu. Bahkan, Sauron memasuki pikiran dan alam bawah sadar dari Galadriel untuk benar-benar membuktikan apa yang dia ucapkan. Namun, Galadriel tidak percaya akan hal itu dan terus menyerang Halbrand alias Sauron. Halbrand kemudian kabur dari Eregion dan kembali ke Southlands yang kemudian memiliki nama baru yaitu Mordor.

Wujud Sauron Dengan Armor – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.