Ronin adalah identitas superhero yang digunakan oleh beberapa karakter dalam Marvel Comics. Jika diartikan, Ronin berarti seorang Samurai yang tidak memiliki tuan, sehingga karena tak bertuan, mereka seperti tidak memiliki tujuan. Dan itu jugalah yang coba dihadirkan di Marvel Comics. Seluruh pengguna identitas Ronin di Marvel Comics adalah seorang ahli pedang. Kita pun mungkin lebih familiar dengan nama Ronin ketika dia muncul dalam film Avengers: Endgame, di mana Clint Barton justru muncul sebagai Ronin, bukan Hawkeye. Di Marvel Comics, ada beberapa Ronin yang pernah dikenalkan. Siapa saja?

6Maya Lopez

Echo pertama kali muncul dalam Daredevil #9 pada tahun 1999, diciptakan oleh penulis David Mack dan Joe Quesada. Sejak itu, Echo telah menjadi karakter yang signifikan dalam beberapa cerita Marvel. Nama asli Echo adalah Maya Lopez. Dia memiliki keturunan Maya dan Sipu Apache, dan ini memberikannya kepekaan budaya dan keahlian bertarung yang unik.

Echo memiliki kemampuan fotografik memori, yang memungkinkannya meniru gerakan dan gaya bertarung musuh setelah melihatnya sekali. Dia juga sangat terampil dalam berbagai seni bela diri dan memiliki kemampuan akrobatik yang tinggi. Sebenarnya di komik, Maya Lopez alias Echo adalah sosok pertama yang menggunakan persona Ronin di Marvel. Dia muncul pertama kali sebagai Ronin dalam New Avengers (Vol. 1) #11, setelah Daredevil merekomendasikan jasa Echo kepada Captain America.

Dia kemudian membantu Avengers saat bertarung melawan Clan Yashida dan Silver Samurai saat berada di Jepang. Yang harus dicatat bahwa Echo hanya membantu Avengers, bukan bergabung dengan mereka. Bertahun-tahun setelahnya, Echo barulah bergabung menjadi Avengers dan menggunakan nama Echo sebagai identitasnya sebagai pahlawan super, meninggalkan peran Ronin untuk diambil orang lain.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/