Ronin adalah identitas superhero yang digunakan oleh beberapa karakter dalam Marvel Comics. Jika diartikan, Ronin berarti seorang Samurai yang tidak memiliki tuan, sehingga karena tak bertuan, mereka seperti tidak memiliki tujuan. Dan itu jugalah yang coba dihadirkan di Marvel Comics. Seluruh pengguna identitas Ronin di Marvel Comics adalah seorang ahli pedang. Kita pun mungkin lebih familiar dengan nama Ronin ketika dia muncul dalam film Avengers: Endgame, di mana Clint Barton justru muncul sebagai Ronin, bukan Hawkeye. Di Marvel Comics, ada beberapa Ronin yang pernah dikenalkan. Siapa saja?

5Clint Barton

Rasanya semua orang tahu bahwa Clint Barton pernah menjadi Ronin di Marvel Comics, seperti yang ditampilkan di MCU. Dalam komik, Clint Barton pernah mengalami masa-masa sulit. Dia terbunuh selama Avengers Dissembled dan dihidupkan kembali di House of M. Tetapi setelah hidup, dia kemudian dihapus dari realitas oleh Scarlet Witch, dan kemudian dihidupkan kembali.

Ketika kembali, Hawkeye merasa terguncang hebat dan mulai mengalami krisis identitas. Ketika Captain America terbunuh setelah Civil War, Clint kembali ke Amerika untuk meminta pertanggungjawaban Iron Man atas tindakannya kepada Captain America. Dia kemudian sempat mengenakan jubah Captain America, sebelum memutuskan bahwa itu tidak pantas dilakukan. Dia kemudian memilih menjadi Ronin dalam New Avengers (Vol. 1) #27.

Selain kemampuan panahnya yang luar biasa, Hawkeye juga sangat terampil dalam seni bela diri. Ia telah mempelajari berbagai teknik dan gaya bela diri selama kariernya sebagai superhero. Hawkeye juga memiliki hubungan yang dekat dengan Black Widow (Natasha Romanoff). Keduanya memiliki sejarah bersama sebagai rekan tim dan terkadang lebih dari sekadar rekan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/