Para angkatan laut dalam alur cerita One Piece diketahui jika para angkatan laut jarang memiliki Conqueror Haki dan ini adalah alasannya. Haki merupakan salah satu sumber kekuatan yang ada dalam cerita One Piece selain juga buah iblis. Terdapat beberapa jenis Haki yang memang bisa dipelajari semua orang, namun ada juga yang hanya bisa dipelajari orang-orang tertentu. Contohnya adalah Conqueror Haki yang hanya dimiliki oleh sebagian karakter saja. Namun, yang menarik kemudian Conqueror Haki lebih banyak dimiliki bajak laut daripada angkatan laut. Apa alasannya?

3Haki Yang Langka

Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan Haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk digunakan terkait berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain dan membentuknya sebagai pelindung.

Dua Haki yang paling umum digunakan adalah Observation Haki dan Armament Haki.  Conqueror Haki merupakan tipe Haki yang paling langka, karena dari sekian banyak orang di dalam cerita One Piece hanya orang-orang tertentu – yang disebutkan memiliki kualitas seorang raja atau pemimpin – yang memiliki kemampuan tersebut. Haki ini merupakan Haki yang paling jarang ditemui.

Ini karena dari satu juta orang hanya satu orang yang bisa memiliki kemampuan ini. Conqueror Haki memang tidak bisa digunakan sebagai senjata atau apapun, tetapi dengan semangat yang luar biasa dari penggunanya mereka bisa memanipulasi, mengintimidasi, dan membuat orang lain tunduk akan keinginan dari si pengguna. Mereka yang lemah atau tidak terbiasa dengan hawa semangat yang besar akan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri.

Eiichiro Oda sendiri sudah mengungkapkan sebagian besar orang-orang yang memiliki kemampuan Haki ini. Contohnya adalah Luffy, Rayleigh, dan Shanks. Yang luar biasa adalah Shanks diketahui merupakan sosok penguna Conqueror Haki terkuat sejauh ini dalam alur cerita One Piece. Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana Conqueror Haki dari Shanks mampu untuk menjangkau target jarak jauh.

Selain itu, yang menarik juga adalah dalam alur cerita One Piece tidak banyak angkatan laut yang memiliki kekuatan Conqueror Haki. Sebaliknya, di pihak bajak laut, justru cukup banyak pengguna atau pemilik dari jenis Haki ini. Bahkan, karakter yang tidak memiliki koneksi atau bukan bagian dari karakter utama One Piece diperlihatkan memiliki kekuatan ini contohnya adalah Chinjao. Padahal, para admiral justru jauh lebih memiliki peranan yang signifikan dalam ceritanya.

Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.