Beberapa karakter ikonik dan juga unik dalam cerita di series Pokemon ternyata terinspirasi dari berbagai sosok di kehidupan nyata. Sudah bukan hal asing jika para Pocket Monster atau Pokemon biasanya terinspirasi dari berbagai jenis hewan, tumbuhan, bahan makhluk-makhluk mitologi. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika ada sebagian Pokemon yang ternyata terinspirasi dari sosok yang ada di dunia nyata. Siapa saja?

8Hitmonchan

Sama seperti Hitmonlee, Hitmonchan juga diadaptasi dari sosok nyata seorang atlet yang berkecimpung di dunia olahraga tanding. Jika Sawamura, inspirasi Sawamular, merupakan seorang legenda kickboxing di Jepang, maka Hitmonchan terinspirasi dari sosok legendaris petinju Jepang, Hiroyuki Ebihara. Secara desain, Hitmonchan merupakan kebalikan dari Hitmonlee di mana dia menggunakan tangannya untuk bertarung.

Jika Hitmonlee dianggap terinspirasi dari Bruce Lee, banyak fans yang menganggap Hitmonlee namanya terinspirasi dari sosok bintang aksi legendaris, Jackie Chan. Namun, spekulasi tersebut tidak masuk akal dan tidak benar mengingat Jackie Chan bukanlah petinju. Sebenarnya, nama Hitmonchan dalam bahasa Jepang adalah Ebiwalar yang mereferensikan sosok petinju legendaris Jepang.

Sama seperti halnya Tadashi Sawamura dan kickboxing, nama Hiroyuki Ebihara dianggap sebagai salah satu petinju legendaris bukan hanya di Jepang melainkan di seluruh dunia. Ebihara sudah memegang banyak sekali titel dan memenangkan berbagai kejuaraan. Dengan semua prestasi luar biasa tersebut wajar jika Game Freak, pengembang game Pokemon, kemudian menghadirkan Pokemon yang mereferensikan sosoknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.