Dunia One Piece penuh dengan berbagai konflik antar negara dan terdapat beberapa negara yang dianggap paling kuat. Dengan banyaknya pihak yang berusaha untuk menguasai dominansi di dunia One Piece tidak mengherankan ada banyak sekali pertempuran dan pergolakan yang muncul di berbagai wilayah atau negara. Meskipun begitu, terdapat beberapa negara tertentu yang dianggap paling kuat berkat sumber daya dan juga kekuatan militer bahkan teknolgi. Apa saja?

9Arabasta

Negara paling kuat di dunia One Piece yang pertama adalah Arabasta. Ini merupakan wilayah yang cukup spesial bagi kelompok Topi Jerami dan juga series One Piece. Alabasta atau Arabasta merupakan pulau keempat yang dikunjungi oleh kelompok Topi Jerami dalam petualangan di Grand Line. Arabasta juga menjadi rumah bagi keluarga Nefertari dan ini merupakan salah satu wilayah yang sangat bersejarah.

Seperti yang kita ketahui, keluarga Nefertari adalah salah satu dari 20 keluarga kerajaan yang membentuk World Government. Namun, mereka memutuskan untuk tidak bergabung dengan mereka pasca perang besar 800 tahun lalu. Banyak kejadian menarik yang terjadi di wilayah Arabasta ini. Misalnya, pertama kali terungkapnya Poneglyph dan Senjata Kuno. Berdasarkan booklet Rurubu One Piece yang berisi informasi geografis dari wilayah One Piece, Arabasta menghadirkan perpaduan budaya India dan Timur Tengah.

Sebenarnya, secara militer, negara Arabasta bukanlah yang terkuat. Namun, alasan mengapa mereka jadi salah satu negara paling kuat di dunia One Piece adalah karena kondisi geografis mereka. Arabasta merupakan negara yang dikelilingi oleh gurun pasir dan cuaca panas yang ekstrim. Hal ini membuat Arabasta sulit untuk diserang. Di sisi lain, meskipun kekuatan militer Arabasta bukan yang terkuat namun mereka setia kepada keluarga Nefertari dan rela melakukan apapun demi melindungi mereka.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.