Pada tahun 2019, The Mandalorian berhasil mengguncang dunia Star Wars dengan menjadi series live action pertama dalam franchise Star Wars. Sekarang, sang bounty hunter dan rekannya tersebut akan kembali, tetapi Lucasfilm mengumumkan bahwa ceritanya akan berlanjut dalam bentuk film. Filmnya nanti akan berjudul The Mandalorian & Grogu, yang disutradarai oleh Jon Favreau.

Keputusan ini cukup mengejutkan, mengingat mereka yang terlibat pembuatan series The Mandalorian menyebutkan bahwa series tersebut berlanjut ke Season 4. Tetapi mungkin saja Season 4 juga akan terus dibuat, berbarengan dengan film The Mandalorian. Ini bukan satu-satunya film Star Wars baru berada dalam “Mandoverse.” Awal tahun ini, diumumkan bahwa Chief Creative Officer Lucasfilm, Dave Filoni, akan menyutradarai sebuah film yang menggabungkan semua alur cerita series live action Star Wars, mulai dari The Mandalorian, Ahsoka, The Book of Boba Fett, dan Skeleton Crew yang akan datang.

The Mandalorian Season 3 memang berakhir dengan cukup apik. Sementara Bo-Katan (Katee Sackhoff) akhirnya menyatukan Mandalorian di bawah naungannya, Din dan Grogu memilih kehidupan yang tenang di peternakan, tanpa darksaber atau Jedi Master yang terlihat. Meskipun ancaman kembalinya Grand Admiral Thrawn (Lars Mikkelsen) kemungkinan akan terjadi di film Filoni, bukan berarti ancaman seperti Shadow Council Moff Gideon tidak cukup untuk memanggil Din ke petualangan terakhirnya.

Menarik melihat bahwa franchise yang tadinya berfokus pada layanan streaming ini kembali ke format film. Mungkin ini menunjukkan bahwa Star Wars akan segera muncul di layar besar dan kecil. Selain dua film berfokus pada Mandalorian yang dapat kita harapkan, ada juga film James Mangold yang berfokus pada awal Jedi, dan film Rey yang dipimpin oleh Daisy Ridley dari Sharmeen Obaid-Chinoy.

Di sisi series, ada Skeleton Crew yang disebutkan sebelumnya, yang dibintangi oleh Jude Law, serta musim kedua Andor, seri prekuel Rogue One yang disutradarai oleh Tony Gilroy dan diperankan oleh Diego Luna. Juga ada The Acolyte yang akan datang, yang berlatar High Republic dan dipimpin oleh showrunner Leslye Headland dengan pemeran yang berbakat, dan diharapkan tayang perdana tahun depan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/