Dengan perkataan terakhir dari sosok Nefertari Cobra, Sabo akan memiliki peranan penting di Saga terakhir One Piece yaitu dia akan kumpulkan seluruh pewaris Tekad D. Setelah diperkenalkan dalam kilas balik Luffy pasca pertempuran Marineford, Sabo kemudian kembali muncul dalam arc Dressrosa. Semenjak saat itu, Sabo mulai sering muncul dalam ceritanya. Di akhir Saga ini Sabo kemungkinan akan memiliki peranan yang sangat penting yaitu dia akan kumpulkan seluruh pewaris dari Tekad D.

3Wasiat Dari Nefertari Cobra

Tentunya ada alasan kuat mengapa kemudian Sabo yang jadi sosok untuk kumpulkan para pewaris Tekad D tersebut. Hal ini ada kaitannya dengan wasiat atau pesan terakhir dari sosok Nefertari Cobra kepada Sabo. Dalam chapter 1084 kita melihat bagaimana Nefertari Cobra mencoba untuk berdiskusi dengan para Gorosei terkait dengan keberadaan Nefertari Lili, nenek moyak dari klan Nefertari.

Namun, dia kemudian dikejutkan dengan kemunculan sosok Im. Cobra nampak tidak percaya bahwa ada sosok misterius yang duduk di singgasana kosong tersebut. Dan sosok yang berkuasa itu tidak lain adalah Im. Cobra sempat berbincang tentang Lili sebentar dengan Im, sebelum kemudian Cobra jadi sasaran dari Gorosei dan Im. Dia kemudian mendapatkan serangan dari kedua penguasa itu.

Dalam momen tersebut, Cobra kemudian diserang oleh Im dan Gorosei di mana Sabo kemudian muncul dan berusaha untuk menyelamatkan Cobra. Sayangnya, memang level kekuatan Sabo tidak mampu menandingi kekuatan para Gorosei dan Im yang mana akhirnya mereka berdua yang justru terluka. Sadar jika tidak bisa selamat, Cobra sendiri meminta Sabo untuk kabur.

Namun, sebelum kemudian dia mengorbankan diri demi Sabo sosok Cobra sempat menyatakan pesan terakhir kepada Sabo. Pertama, Cobra meminta Sabo mengatakan kepada Luffy dan Vivi bahwa mereka adalah bagian dari klan D. Kedua, Cobra meminta Sabo untuk melindungi Poneglyph dan menghadirkan fajar baru bagi dunia. Pesan kedua merupakan isi dari surat yang ditulis oleh ratu Lily yang diwariskan secara bertahun-tahun.

Sabo pun kemudian berhasil untuk bisa kabur dari Mary Geoise dan kembali ke pulau Momoiro di mana dia menceritakan semua yang terjadi kepada Dragon dan Ivankov. Berdasarkan hal tersebut, sekarang Sabo memiliki tugas dan peranan yang baru di Saga terakhir ini yang tidak lain adalah menyampaikan pesan terakhir Cobra. Namun, di sisi lain, hal tersebut memberikan Sabo peran penting pada masa depan untuk menghancurkan World Government.

Sabo Kumpukan Pewaris Tekad D – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.