Dragon Ball adalah salah satu manga dan anime paling sukses sepanjang masa. Dragon Ball melakukan debut di manga pada tahun 1984 di Jepang, sebelum akhirnya lebih dikenal lagi oleh dunia. Ceritanya pun terus berkembang dari tahun ke tahun, namun masih berfokus pada sang karakter utama yaitu Goku. Sebagai salah satu nama besar, ternyata Dragon Ball pernah melakukan crossover dengan karakter manga atau anime lainnya. Tentu saja ini dilakukan untuk menyegarkan cerita, dan demi menarik perhatian lebih banyak orang. Apa saja crossover besar yang pernah dilakukan oleh Dragon Ball? Simak berikut ini Geeks!

6Dragon Ball x One Piece

Geeks tentunya sudah tahu dengan One Piece, salah satu manga terlaris di dunia. Manganya menceritakan tentang petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak muda yang mendapatkan kekuatan buah iblis Gomu Gomu, yang membuat tubuhnya bisa meregang seperti karet. Luffy bermimpi menjadi Raja Bajak Laut dan menemukan harta legendaris, One Piece, yang akan membuatnya menjadi Raja Bajak Laut yang paling hebat di dunia.

Nah menariknya, One Piece juga pernah melakukan crossover dengan Dragon Ball. Pencipta One Piece, Eiichiro Oda, secara terbuka mengakui bahwa karya-karya Akira Toriyama telah menjadi pengaruh terbesarnya. Oda telah memuji Dragon Ball dalam banyak wawancara, sampai-sampai ia dan Toriyama menjadi teman dekat dalam kehidupan nyata.

Dunia One Piece dan Dragon Ball Z akhirnya melebur menjadi satu pada tahun 2006, ketika manga one-shot bernama Cross Epoch dimuat di Weekly Shonen Jump. Dalam Cross Epoch, Mr. Satan meminta Shenron untuk membuatnya menjadi raja dan memberinya sebuah istana. Raja Satan memutuskan untuk mengadakan pesta teh besar dan mengundang semua karakter dari One Piece dan Dragon Ball untuk hadir. Kita dapat melihat semua protagonis bersenang-senang bersama, yang diakhiri dengan kedatangan Goku dan Luffy di pesta teh. Karena Luffy tidak bisa terbang, Goku membiarkannya menggunakan Flying Nimbus-nya sebagai kendaraan.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/