Dalam beberapa judul film Hollywood terdapat beberapa karakter CGI yang dianggap paling mahal karena butuh dana yang besar untuk menghadirkannya. Menggunakan teknologi CGI atau Computer Generated Imagenary atau Gambar Buatan Komputer udah jadi sesuatu yang umum di industri perfilman Hollywood. Bukti bagaimana CGI begitu penting dalam sebuah film adalah adanya karakter yang sengaja dibuat dari bantuan komputer ini. Dan beberapa karakter diketahui menjadi karakter CGI termahal karena biaya yang dihabiskan untuk menghadirkannya.

7T-1000 – Terminator 2: Judgement Day

Untuk urusan teknologi, James Cameron memang terkenal sebagai sutradara yang selalu menjadi inovator. Jauh sebelum dia berhasil menghadirkan teknologi visual yang canggih di film Avatar, Cameron sudah berhasil menghadirkan CGI yang menawan dengan kemunculan T-1000 dalam film Terminator 2: Judgement Day. Ini merupakan karakter yang diperankan oleh aktor Robert Patrick.

Rilis pada 1992, Terminator 2 menghadirkan salah satu adegan ikonik di dunia film di mana T-1000 menembus pintu besi di rumah sakit jiwa di mana Sarah Connor dirawat. Untuk menghadirkan sosok T-1000, James Cameron bekerja ssama dengan Industrial Light & Magic (ILM) dan pekerjaan lainnya dilakukan oleh Stand Winston Studio, Fantasy II Film Effects, dan 4-Ward Productions.

Dalam adegan tersebut, durasi adegannya sendiri memang kurang dari enam menit. Namun, untuk menghadirkan karakater T-1000 dan seluruh adegan tersebut dibutuhkan dana sebesar 5.5 juta Dollar. Yang menarik adalah teknologi yang sudah lebih dari 40 tahun digunakan tersebut nampak masih relevan dan baik secara kualitas visual bahkan hingga sekarang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.