Dalam beberapa judul film Hollywood terdapat beberapa karakter CGI yang dianggap paling mahal karena butuh dana yang besar untuk menghadirkannya. Menggunakan teknologi CGI atau Computer Generated Imagenary atau Gambar Buatan Komputer udah jadi sesuatu yang umum di industri perfilman Hollywood. Bukti bagaimana CGI begitu penting dalam sebuah film adalah adanya karakter yang sengaja dibuat dari bantuan komputer ini. Dan beberapa karakter diketahui menjadi karakter CGI termahal karena biaya yang dihabiskan untuk menghadirkannya.

8Ava – Ex-Machina

Karakter CGI paling mahal yang pertama adalah Ava dalam film Ex-Machina. Film ini berhasil untuk menghadirkan tema dewasa dengan cara yang lebih menyenangkan, baru, dan menarik. Ex-Machina merupakan proyek perdana dari Alex Garland sebagai seorang sutradaranya. Ceritanya sendiri berkisah tentang seorang programmer bernama Caleb yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk menghabiskan satu pekan di sebuah tempat pribadi milik CEO perusahaannya.

Tugas dari Caleb kemudian adalah melakukan uji coba terhadap kesadaran dari sosok robot cantik dan canggih bernama Ava. Film ini coba untuk mengangkat cerita tentang kecerdasan buatant. Ex Machina sering kali menjadi panutan bagi berbagai film fiksi ilmiah atau bertema kecerdasan buatan di era modern. Ava sendiri merupakan karakter yang diperankan oleh aktris asal Swedia, Alicia Vikander.

Studio A24 mempercayakan untuk masalah visual Ava kepada DNEG Studios. Diketahui dari ongkos produksinya yang mencapai 15 juta Dollar, sekitar 5 juta Dollar digunakan untuk menciptakan karakter Ava dengan bantuan CGI. Alicia Vikander menggunakan sebuah kosstum buatan, yang mengindikasikan adanya elemen cyborg di tubuh Ava. Ada kurang lebih 800 shots yang diambil dan diberi efek CGI untuk menghidupkan karakter Ava dan ffilm ini pun berhasil mendapatkan visual effect terbaik dalam ajang Academy Award.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.