Dalam beberapa judul film Hollywood terdapat beberapa karakter CGI yang dianggap paling mahal karena butuh dana yang besar untuk menghadirkannya. Menggunakan teknologi CGI atau Computer Generated Imagenary atau Gambar Buatan Komputer udah jadi sesuatu yang umum di industri perfilman Hollywood. Bukti bagaimana CGI begitu penting dalam sebuah film adalah adanya karakter yang sengaja dibuat dari bantuan komputer ini. Dan beberapa karakter diketahui menjadi karakter CGI termahal karena biaya yang dihabiskan untuk menghadirkannya.

6Sandman – Spider-Man 3

Sebenarnya, Sam Raimi sudah siap untuk menghadirkan cerita penutup Spider-Man yang menarik dan mengguncang hati para fans di melalui film Spider-Man 3. Namun, Sony Pictures kemudian diketahui merubah rencana tersebut. Pada awalnya, ide ceritanya sendiri adalah membenahi plot yang berkaitan dengan keluarga Osborn dan memperkenalkan salah satu villain klasik The Sandman.

Avi Arad memberikan petunjuk mengenai kemunculan Venom dan Gwen Stacy dalam filmnya, yang mana hal itu kemudian membuat alur cerita akhirnya menjadi kacau. Meskipun begitu, Spider-Man 3 tetap berhasil menghadirkan sebuah prestasi yang luar biasa terutama dalam hal visual. Kualitas CGI dari karakter The Sandman merupakan salah satu yang terbiak.

CGI dari The Sandman dikerjakan oleh pihak Sony Pictures Imageworks dan dipimpin oleh Scott Stokdyk. Scott menggunakan sebuah simulasi yang cair dan advance (advanced fluid dynamics simulations) untuk menciptakan efek partikel yang melayak di tubuh Sandman. Ini menjadi hal tersulit yang sekaligus membuat karakternya terlihat nyata. Diketahui butuh 60 juta Dollar Amerika untuk menghadirkan karakter The Sandman dari awal. Dan yang menarik teknologi tersebut kemudian kembali digunakan dalam film Spider-Man: No Way Home.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.