Dengan jumlah penjualan manga mereka yang sangat luar biasa, tentunya para mangaka tersebut berubah menjadi sosok yang paling kaya. Ketika karya manga hasil ciptaan mangaka sukses besar, jelas pemasukan dari penjualan tersebut akan memiliki jumlah yang sangat banyak. Belum lagi mereka mendapatkan penghasilan dari berbagai pernak-pernik dan lainnya. Berikut adalah mangaka paling kaya berdasarkan dugaan jumlah kekayaan mereka (estimated net worth).

10Takehiko Inoue

Mangaka paling kaya yang pertama adalah Takehiko Inoue. Dia dianggap sebagai salah satu mangaka terbaik sepanjang masa dan terkenal karena dua karyanya yang luar biasa; Slam Dunk dan juga Vagabond. Inoue merupakan sosok yang sangat menggemari olahraga basket dan bahkan sempat juga menulis secara eksklusif tentang olahraga basket. Dalam acara Asia Cosmopolitan Awards, Inoue berhasil mendapatkan penghargaan Cultural Prize pada 2012.

Karir Takehiko Inoue sebagai seorang mangaka dimulai pada 1988 untuk Weekly Shonen Jump, di mana dia mengerjakan proyek manganya yang berjudul Purple Kaede. Namun, namanya kemudian mulai banyak dikenal oleh para fans setelah dia menghadirkan manga Slam Dunk, yang bercerita tentang sebuah tim bola basket SMA dan berbagai drama remaja di dalamnya.

Manga Slam Dunk sendiri rilis sejak 1990 hingga 1990 di Weekly Shonen Jump dan berhasil terjual dengan total 170 juta kopi. Di tahun 1999, dia kemudian menggambar manga basket lainnya, Real, yang mana ceritanya berpindah tentang remaja difabel yang gemar dengan olahraga basket, sambil juga menggambar Vagabond. Jumlah kemungkinan total kekayaan dari Takehiko Inoue adalah 30 juta Dollar Amerika.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.