Salah satu hal yang selalu dinantikan dalam setiap momen perayaan natal adalah kemunculan Santa Claus, namun berbagai film ini menghadirkan sosok Santa Claus yang kontroversial. Santa Claus merupakan sosok yang dianggap sebagai pahlawan saat momen natal. Di industri film sendiri Santa Claus sudah banyak muncul dan banyak diperankan oleh berbagai aktor. Meskipun mayoritas film menghadirkan Santa Claus sebagai sosok yang baik dan bijak, namun ada juga berbagai film yang menghadirkan sosoknya yang justru jadi kontroversial. Siapa saja?

10Rare Exports: A Christmas Tale

Santa Claus paling kontroversial di berbagai film yang pertama adalah Rare Exports: A Christmas Tale. Ini merupakan sebuah film yang tidak biasa di mana mereka juga menghadirkan cerita tentang asal-usul yang tidak biasa tentang Santa Claus. Filmnya sendiri menghadirkan cerita tentang sekelompok orang yang ada di pegunungan Korvantunturi. Mereka memiliki sebuah agenda yang ekstrim.

Sekelompok orang tersebut memiliki misi untuk mengungkap rahasia besar dari perayaan natal. Rare Exports: A Christmas Tale sendiri merupakan film yang banyak menghadirkan komedi gelap (dark comedy) dan mengadirkan karakter yang memang erat kaitannya dengan perayaan natal, contohnya adalah Santa Claus dan juga Krampus. Selain itu, filmnya juga menghadirkan cerita tentang natal dengan pendekatan yang gelap.

Karena alur cerita filmnya yang menghadirkan pendekatan natal dengan tema yang gelap, termasuk cerita tentang sosok Santa Claus, hal ini pun kemudian memunculkan kontroversi di berbagai kalahan. Meskipun mengundang kontroversi, secara ulasan film Rare Exports: A Christmas Tale juga berhasil menerima cukup banyak pujian. Bahkan, di situs rating film seperti Rotten Tomatoes film ini memiliki nilai 90%. Yang menarik adalah film ini banyak dianggap sebagai film anti-christmas layaknya Gremlins dan The Nightmare Before Christmas.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.