Beberapa franchise horor dianggap sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan film di industri Hollywood, terutama untuk genre tersebut. Horor merupakan salah satu genre yang sudah sejak lama diminati dan penggemarnya pun tidak pernah sepi. Selalu ada judul film baru yang muncul dan berhasil merebut perhatian dari para penggemar film. Namun, yang menarik dan mungkin belum banyak Geeks ketahui adalah ada beberapa franchise horor yang dianggap berpengaruh besar bagi genre tersebut maupun industri film itu sendiri. Apa saja?

10Alien

Franchise horor paling berpengaruh dalam sejarah yang pertama adalah Alien. Fiksi ilmiah dan horor memang adalah dua genre yang berbeda. Namun, bukan hal mustahil jika dua genre ini kemudian dikombinasikan atau bersatu. Dan inilah yang terjadi kepada franchise Alien. Rilis pada era 1980an, Alien merupakan sebuah film garapan Ridley Scott yang bercerita tentang sekelompok ilmuwan dan astronot yang menjalankan misi luar angkasa.

Namun, dalam misi mereka ada hal yang tidak terduga muncul. Mereka diserang oleh sekelompok alien mengerikan haus darah yang menghabisi hampir semua kru dari astornot tersebut. Ellen Ripley menjadi satu-satunya yang selamat dari peristiwa yang mengerikan tersebut. Elemen suspens yang dihadirkan oleh sang sutradara, Ridley Scott, berhasil membuat para penonton ikut merasakan ketegangan ceritanya.

Belum lagi, bagaimana para alien – yang kemudian dikenal dengan nama Xenomorph – memakan dan menghabisi para manusia dengan sangat brutal menjadi pemandangan yang epik dari kombinasi horor dan fiksi ilmiah. Kesuksesan dari franchise Alien ini membuat banyak pembuat film terinspirasi untuk menghadirkan ketegangan serupa yang bukan bersetting di bumi melainkan di luar angkasa.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.