Beberapa franchise horor dianggap sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan film di industri Hollywood, terutama untuk genre tersebut. Horor merupakan salah satu genre yang sudah sejak lama diminati dan penggemarnya pun tidak pernah sepi. Selalu ada judul film baru yang muncul dan berhasil merebut perhatian dari para penggemar film. Namun, yang menarik dan mungkin belum banyak Geeks ketahui adalah ada beberapa franchise horor yang dianggap berpengaruh besar bagi genre tersebut maupun industri film itu sendiri. Apa saja?

9Scream

Ketika film Scream pertama rilis di bioskop pada tahun 1996, banyak pihak yang meragukan jika filmnya akan sukses di pasaran. Pasalnya, film dengan genre horor slasher dianggap sudah tidak lagi laku di era 1990an. Namun, sang sutradara, Wes Craven, saat itu berhasil melakukan sesuatu yang berbeda. Sambil mempertahankan beberapa elemen horor slasher lama, dia juga menghadirkan elemen baru bagi subgenre horor ini.

Hasilnya, film Scream pun akhirnya berhasil mencapai kesuksesan yang sangat besar. Bahkan, kesuksesan dari film pertama ini mampu melampaui ekspektasi banyak pihak. Suksesnya film Scream pertama akhirnya membuat pihak studio film memberikan lampu hijau untuk menghadirkan berbagai sekuelnya. Diketahui, sejauh ini, Scream berhasil menelurkan 6 film sekuel.

Bahkan, saat ini mereka sedang mempersiapkan film Scream 7 yang proses produksinya terkendala akibat masalah dipecatnya sang aktris utama film ini. Selain melahirkan 7 film, Scream juga sempat menghadirkan sebuah TV series yang tayang di MTV pada 2015. Meskipun sudah hampir 20 tahun, popularitas dari Scream masih belum pudar dan masih terus menghadrikan pengaruh bagi industri film. Thanksgiving adalah contoh baru dari film slasher yang dipengaruhi oleh Scream.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.