Dunia tentang mafia memang selalu asik untuk kita simak. Karena itulah banyak pembuat film yang mencoba mengangkat cerita tentang dunia mafia, yang tentu saja memiliki banyak intrik di dalamnya. Biasanya dalam film mafia, ada banyak pengkhianatan yang terjadi, dan kita tidak bisa menebak siapa-siapa saja yang akan berkhianat. Selain itu, kita juga akan disuguhkan dengan bagaimana cara mafia-mafia tersebut lolos dari jerat hukum. Dan dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang film-film mafia yang diadaptasi dari kisah nyata. Apa saja? Simak berikut ini!

10Black Mass

Black Mass mengisahkan kehidupan James “Whitey” Bulger, seorang bos mafia di Boston yang menjalin kerjasama dengan agen FBI, John Connolly, yang merupakan teman masa kecilnya. Dengan bantuan Connolly, Bulger berhasil menghindari penangkapan dan bahkan menggunakan hubungannya dengan FBI itu untuk menghapus saingan-saingan mafianya.
Film ini memperlihatkan Connolly yang terjebak antara kewajiban profesinya sebagai agen penegak hukum dan ikatan emosionalnya dengan Bulger.

Seiring waktu, semua kejahatan Bulger mulai terkuak, membawa konsekuensi besar bagi Bulger dan Conolly. Black Mass memang diangkat dari kisah nyata kehidupan James Bulger, yang bekerja sebagai informan FBI selama beberapa tahun. Keterlibatannya dengan pihak berwenang memang membuat banyak kontroversi dalam bidang penegakan hukum. Film Black Mass sendiri dirilis pada tahun 2015, dan disutradarai oleh Scott Cooper.

Meskipun mendapatkan pujian atas akting Johnny Depp yang apik sebagai Bulger, film ini juga mendapat kritik karena narasinya yang dianggap terlalu berat dan terfokus pada kekejaman Bulger, meninggalkan beberapa kisah lainnya yang mungkin dapat dieksplorasi lebih dalam. Selain membintangi Depp, filmnya juga membintangi nama lain seperti Joel Edgerton, Benedict Cumberbatch, Kevin Bacon, dan Jesse Plemons.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/