Dalam momen pembuka di seri One Piece yang bersetting di wilayah East Blue, kita melihat sosok Shanks, salah satu bajak laut terkuat di serinya. Dia pergi meninggalkan wilayah Grand Line, dan kemudian tinggal di Dawn Island selama lebih dari setahun. Mengapa kemudian Shanks melakukan hal tersebut? Apakah Shanks dan kelompok bajak lautnya memiliki misi khusus?

2Ace Adalah Joy Boy Sesungguhnya?

Mengapa Shanks bisa berada di East Blue memang masih menjadi misteri saat ini. Namun terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa saat itu Shanks tengah mencari anak dari sang mantan kapten, yaitu Portgas D. Ace. Dan juga, dalam teorinya menjelaskan bahwa topi jerami yang Luffy kenakan sebenarnya akan Shanks berikan kepada Ace. Berbicara mengenai Shanks dan Ace, ada juga teori menarik lainnya yang berkembang di kalangan fans.

Dalam teorinya sendiri dijelaskan bahwa sebenarnya yang seharusnya menjadi sosok Joy Boy dalam ceritanya bukanlah Luffy, melainkan Ace. Hal tersebut muncul berdasarkan semua informasi dan juga sejarah yang berkaitan tentang Shanks, Gol D. Roger, dan Ace selama arc Wano Country berlangsung. Ace adalah sosok yang seharusnya melanjutkan dan mewujudkan impian dan tekad dari Roger.

Kemunculan Shanks di Dawn Island atau desa Foosha, sebenarnya adalah untuk memberi tahunya terkait hal tersebut dan memulai petualangannya. Dalam chapter 1018 kemarin, para pembaca kemudian mengetahui bahwa Who’s Who adalah mantan agen rahasia Pemerintah Dunia. Dia mendapatkan tugas untuk menjaga buah iblis Nika atau Gomu Gomu, sebelum kemudian Shanks mencurinya.

Sayangnya, dalam momen itu kita tidak mendapatkan penjelasan mengapa Shanks mencuri buah iblisnya atau mengapa kemudian dia menetap di Dawn Island pasca melakukan pencurian itu. Meskipun begitu, dalam teori ini dijelaskan bahwa Shanks mungkin akan memberikan buah iblisnya kepada Ace. Terdapat beberapa bukti yang mendukung teori tersebut.

Pertama, setelah Ace lahir Roger kemudian menghubungi Garp dan memintanya untuk menjaga Ace. Kedua, sebelum kemudian dia menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut dia sempat memberi tahu tentang semua rahasia yang dia ketahui, termasuk bagaimana pergi ke Laugh Tale dan juga rahasia dunia. Dan yang terakhir, Roger memberikan misi besar terhadap Shanks untuk “menjaga” calon putranya.

Mungkin, itulah alasan mengapa Shanks menangis di hadapan Roger setelah dia kembali dari Laugh Tale. Meskipun secara sekilas semua petunjuk itu nampak tidak saling berkaitan, tetapi jika kita melihatnya secara lebih detail dan menyatukannya, maka semuanya bisa menjadi petunjuk bahwa peran Ace di dunia One Piece adalah menjadi sosok pengubah dunia.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.