Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika gambaran dari masa lalu Kuma kemungkinan adalah gambaran dari masa lalu Joy Boy. Dalam beberapa chapter terakhir di arc Egghead, Oda Sensei sedang menghadirkan kilas balik dari masa lalu Bartholomew Kuma. Dalam ceritanya terungkap jika Kuma memiliki masa lalu yang tragis dan mengerikan. Yang menarik kemudian adalah ada salah satu hal dari masa lalu Kuma yang dianggap menjadi gambaran masa lalu Joy Boy.

2Masa Lalu Kuma

Cerita tentang asal-usul Kuma sendiri dimulai pada chapter 1095. Chapter itu akhirnya menghadirkan jawaban dari teka-teki tentang ras Kuma. Sekitar 47 tahun yang lalu, Kuma lahir di Kerajaan Sorbet. Dalam momen tersebut terungkap jika Kuma dan ayahnya, Clapp, merupakan bagian dari sebuah ras atau bangsa yang disebut sebagai Buccaneer. Bangsa ini disebut sebagai kelompok orang yang pernah melakukan dosa atau kesalahan besar berupa kejahatan di masa lalunya.

Hal ini juga yang kemudian membuat kehidupan Kuma berubah drastis ketika identitasnya sebagai bangsa Buccaneer diketahui oleh World Government. Keluarga tersebut akhirnya menjadi budak bagi kaum naga langit. Kehidupan Kuma kemudian mulai berubah lagi ketika dia menjaga dan merawat Bonney yang merupakan anak dari Ginny dan seorang naga langit misterius.

Namun, Bonney ternyata tertular penyakit langka ibunya yaitu Sapphire Scale yang membuatnya tidak bisa keluar dan terkena cahaya matahari. Hal ini membuat Kuma kemudian rela melakukan apapun demi Bonney, seperti menerima persyaratan dari Gorosei Saturn yang sebelumnya mencuri dengar percakapan dan perjanjian antara Kuma dan Vegapunk tentang penyembuhan Bonney dan rencana pembuatan tentara super.

Salah satu persyaratan agar Bonney bisa selamat adalah Kuma harus menjauh dari Bonney untuk selamanya. Dan inilah yang kemudian Kuma lakukan pasca operasi Bonney serta, pasca operasi yang Vegapunk lakukan terhadapnya demi menjadikan Kuma sebagai cyborg tanpa perasaan dan pikiran. Sebelum berpisah, Kuma berjanji untuk terus mengirim surat kepada Bonney tentang semua hal.

Sayangnya, yang tidak Kuma ketahui adalah semua surat yang dia kirim untuk Bonney ternyata dihancurkan oleh Alpha, agen World Government yang diperintahkan untuk menyamar sebagai perawat Bonney seperti yang diperlihatkan di chapter 1101. Sudah tidak terhitung berapa banyak surat dari Kuma yang Alpha hancurkan. Bonney sendiri sempat merasakan sedih yang sangat mendalam karena tidak pernah menerima surat tersebut.

Namun, kemungkinan dia akhirnya tahu fakta yang sebenarnya ketika melihat balon ingatan milik Kuma. Bahkan, selain mengetahui tentang surat yang Kuma kirimkan, Bonney juga mengetahui tentang asal-usul ayahnya dan juga sang ibu Ginny. Yang menarik kemudian adalah apa yang dihadirkan di chapter 1101 dari masa lalu Kuma ini dianggap sebagai gambaran dari masa lalu Joy Boy.

Gambaran Masa Lalu Joy Boy – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.