Denis Villeneuve yang menjadi sutradara film Dune, saat ini tengah disibukkan untuk mempersiapkan perilisan film Dune: Part Two di bioskop tahun depan. Tetapi menariknya, meski film kedua belum rilis, tetapi Villeneuve mengkonfirmasi bahwa dia tengah membuat naskah film ketiga yang bakal menjadi penutup trilogi Dune. Menurut Villeneuve, naskahnya hampir selesai dan film ketiga akan diadaptasi dari sekuel Dune karya Frank Herbert yang berjudul Dune Messiah.

Dalam sebuah konferensi pers dengan media Korea Selatan, Villeneuve menyatakan bahwa meskipun naskahnya hampir rampung, kemungkinan untuk menyelesaikan trilogi ini secara langsung (seperti dua film sebelumnya) tidak sepenuhnya pasti. Villeneuve menyebutkan, “Saya tidak tahu kapan saya akan kembali ke Arrakis. Saya mungkin membuat detour terlebih dahulu untuk menjauh dari matahari. Untuk kesehatan mental saya, mungkin saya akan melakukan sesuatu di antara waktu itu, tetapi impian saya adalah pergi untuk yang terakhir kalinya ke planet ini yang saya cintai.”

Kemungkinan besar setelah merilis film Dune: Part Two, Denis Villeneuve akan melakukan rehat dari semesta Dune. Dia baru akan kembali mengerjakan film ketiga beberapa tahun setelah Dune: Part Two dirilis. Dalam Dune Messiah yang merupakan sekuel dari kisah Dune, Paul Atreides memerintah galaksi dari planet Arrakis. Namun, dia menghadapi kesulitan sebagai pemimpin dan nabi yang dijanjikan bagi bangsa Fremen.

Berbagai faksi, termasuk Spacing Guild dan Bene Gesserit, bersiap menentangnya. Paul juga dihadapkan dengan tekanan untuk memiliki keturunan, tetapi kekasihnya, Chani, meninggal saat melahirkan. Cerita ini mengikuti perjalanan Paul yang melibatkan kemampuan meramal barunya. Jika Dune: Part Two mendapatkan kesuksesan finansial yang cukup untuk melanjutkan proyek, maka semesta Dune akan semakin diperluas.

Sebelumnya, David Lynch membuat rencana untuk sekuel adaptasi filmnya pada tahun 1984, tetapi rencana itu tidak terwujud setelah film pertama gagal memuaskan kritikus, penonton, atau Lynch sendiri. Meski begitu, series adaptasi Dune yang tayang di Sci-Fi Channel pada tahun 2000 cukup sukses, bahkan menghasilkan sekuel pada tahun 2003 yang menggabungkan elemen dari Dune Messiah dan buku ketiga Herbert, Children of Dune.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/