Ketika para fans berharap melihat akhir cerita dari sebuah manga atau anime, beberapa judul ini justru harus hiatus tanpa kejelasan. Ketika sebuah manga yang sedang berjalan tiba-tiba hiatus, tentunya para fans berharap jika ceritanya bisa kembali berlanjut dalam waktu yang relatif singkat. Namun, beberapa judul manga dan anime ini justru harus hiatus tanpa kejelasan karena berbagai alasan. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

10Barefoot Gen

Barefoot Gen merupakan salah satu manga yang cukup unik, karena bisa dibilang manga ini menjadi sebuah memoir dari perjalanan hidup sang mangaka. Keiji Nakazawa adalah mangaka yang menulis alur cerita Barefoot Gen yang rilis pada 1973 hingga 1974. Manga semi-biografi historis ini menghadirkan cerita yang berfokus pada seorang karakter bernama Gen. Ada yang menarik dari sosoknya.

Gen sendiri merupakan salah satu penduduk Hiroshima yang selamat dari serangan bom atom yang terjadi pada 1944. Alur cerita yang muncul dalam manga Barefoot Gen diadaptasi dari pengalaman hidup pribadi dari sang mangaka yang selamat dari peristiwa tersebut. Bagian pertama dari manganya ditutup dengan cerita Gen yang pergi menuju Tokyo untuk menjadi murid sekolah seni.

Sebenarnya, Nakazawa memiliki rencana untuk menghadirkan cerita lanjutan dari karakter Gen tentang bagaimana kemudian dia menjalani kehidupan sebagai murid sekolah seni di Tokyo. Sayangnya, nasib dari manga Barefoot Gen akhirnya tidak diketahui kelanjutannya. Hal tersebut karena sang kreator, Keiji Nakazawa, meninggal dunia pada 2012 kemarin dan manganya sendiri hiatus tanpa kejelasan hingga sekarang.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.