Ketika para fans berharap melihat akhir cerita dari sebuah manga atau anime, beberapa judul ini justru harus hiatus tanpa kejelasan. Ketika sebuah manga yang sedang berjalan tiba-tiba hiatus, tentunya para fans berharap jika ceritanya bisa kembali berlanjut dalam waktu yang relatif singkat. Namun, beberapa judul manga dan anime ini justru harus hiatus tanpa kejelasan karena berbagai alasan. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

9Land Of The Lustreous

Houseki no Kuni atau Land of the Lustreous merupakan sebuah series manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Haruko Ichikawa. Manganya sendiri sangat populer karena menghadirkan konsep yang tidak biasa dan menarik. Salah satu contoh hal menarik dari manga Land Of The Lustreous adalah bagaimana Ichikawa menghadirkan setting yang menghadirkan gemstone atau batu mulia dalam versi manusia (anthropomorphic gemstones)

Land Of The Lustreous menghadirkan cerita tentang bumi pada masa depan, di mana planet ini mengalami kerusakan yang hebat setelah terkena serangan meteorit sebanyak enam kali. Hampir semua kehidupan tewas akibat hal tersebut, yang mana hanya tersisa satu pulau atau daratan. Seiring berjalannya waktu dan kondisi yang ada, batu mulia yang tertanam di dalam bumi kemudian berevolusi menjadi manusia atau makhluk hidup.

Land Of The Lustreous berhasil mendapatkan ulasan yang sangat baik dan sukses besar, berkat menghadirkan alur cerita dan konsep yang tidak biasa. Haruko Ichikawa kemudian sempat mengumumkan untuk hiatus pada Desember 2020 dengan alasan yang masih misterius. Hingga sekarang, para fans masih menantikan kembalinya Ichikawa dengan alur cerita yang baru.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.