Dengan kedahsyatan dari berbagai kekuatan ini, selain bisa hancurkan kota dan dunia berbagai kekuatan ini bisa jadi adalah yang sebabkan Void Century. Dalam cerita One Piece, Void Century adalah masa di mana semua catatan sejarah dan berbagai hal lainnya yang menjelaskan berbagai hal di era tersebut menghilang. Meskipun pada faktanya World Government yang menyembunyikan semua informasi tersebut, namun ada beberapa kekuatan dahsyat yang juga dianggap bisa jadi penyebab Void Century. Apa saja?

7Advanced Conqueror Haki

Dalam beberapa arc sebelumnya, One Piece nampak memprioritaskan Haki dalam dalam ceritanya. Dalam hal ini, Oda sepertinya mengedepankan Advanced Conqueror Haki. Haki merupakan sesuatu yang sangat penting, apalagi mereka yang ingin menjadi bajak laut atau ingin menjadi raja bajak laut. Dan dalam arc Wano kemarin kita bisa melihat bagaimana Haki memang terbukti sangat penting.

Diperkenalkannya Advanced Conqueror Haki dalam beberapa waktu belakangan, sedikit banyaknya mengubah level kekuatan dari series One Piece. Dalam ceritanya dijelaskan jika hanya ada beberapa karakter terkuat saja yang mampu memilikinya. Misalnya para Yonko, Roger, dan beberapa karakter lainya. Conqueror Haki merupakan salah satu kekuatan yang sangat dahsyat, apalagi ketika sudah mencapai level advanced.

Contoh paling nyata adalah bagaimana kekuatan Advanced Conqueror Haki dari Shanks mampu untuk menjangkau admiral Green Bull dan menyakitinya. Di arc Egghead, kita melihat bagaimana Shanks menyerang Eustass Kid serta kelompok bajak lautnya Kamusari yang dilapisi oleh Advanced Conqueror Haki. Dan Shanks benar-benar menghancurkan mereka hanya dengan satu serangan. Dari hal ini bisa kita simpulkan jika potensi dari Advanced Conqueror Haki benar-benar sangat menghancurkan apalagi jika digunakan secara penuh.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.