Gladiator menjadi salah satu film terbaik yang rilis di tahun 2000. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini berhasil memboyong 5 Oscar, dan dianggap sebagai bagian dari popculture. Tadinya film tersebut dianggap tamat, dengan cerita yang sebenarnya tidak dibuat menggantung. Tetapi Ridley Scott kemudian mengkonfirmasi bahwa film Gladiator 2 tengah dibuat, dan filmnya bakal berfokus kepada karakter Lucius.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Rotten Tomatoes, Ridley Scott memberikan gambaran tentang perjalanan Lucius setelah film Gladiator tahun 2000. Ridley Scott juga secara tak langsung memperkenalkan plot Gladiator 2, di mana film tersebut akan memperlihatkan Lucius yang menjadi karakter utama, menggantikan Maximus Decimus Meridius. Menurut Ridley Scott, Lucius, yang masih seorang anak dalam film pertama, terpisah dari ibunya, Lucilla, untuk waktu yang lama. Dan ketika itu terjadi, Lucilla sangat khawatir anaknya telah terbunuh.

“Paul (Mescal) memerankan Lucius… Itu adalah seseorang yang berusia 12 tahun, dan ini tentang 15 tahun kemudian. Dia telah berada di alam liar setelah kehilangan kontak dengan ibunya. Ibunya kehilangan kontak dengan Lucius, dan tidak tahu di mana Lucius berada. Lucilla pikir Lucius mungkin sudah mati.” Ungkap Ridley Scott. Aktor Paul Mescal sendiri mengambil peran Lucius yang sebelumnya diperankan oleh Spencer Treat Clark dalam film Gladiator.

Lucius, yang juga keponakan dari Commodus (Joaquin Phoenix), tumbuh dewasa dengan mengagumi Maximus (Russell Crowe) selama pertempuran berdarah di Koloseum Romawi. Maximus mengalahkan Commodus dalam pertempuran epik yang terjadi di akhir film, tetapi Maximus juga harus meninggal akibat luka-lukanya, menginspirasi keinginan Lucius untuk mengikuti jejak Maximus sebagai gladiator.

Mescal sendiri adalah aktor berbakat. Perannya yang paling terkenal mungkin terjadi dalam Normal People. Mescal pun bergabung dengan para pemeran lainnya di Gladiator 2 sejak awal tahun 2023 kemarin setelah menjalani persiapan fisik yang serius untuk perannya itu. Menariknya, Mescal akan bergabung dengan pemeran Lucilla asli yaitu Connie Nielsen. Djimon Hounsou juga akan kembali memerankan sahabat Maximus, Juba. Proses syuting Gladiator 2 dimulai pada bulan Juni lalu di Malta. Tetapi karena adanya mogok kerja di Hollywood, syutingnya sempat dihentikan. Setelah mogok kerja berakhir pada 9 November, Scott mengkonfirmasi bahwa syuting akan dilanjutkan menjelang liburan, dan setengah dari film tersebut telah difilmkan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/