Meskipun pada umumnya anime memiliki tema yang populer, seperti menjadi superhero atau berpetualang, namun ada juga anime bertema Tokusatsu. Istilah Tokusatsu sendiri sering kali didefinisikan pada sebuah film atau series atau pertunjukan yang berasal dari Jepang dengan ciri khasnya yaitu menggunakan efek khusus. Kamen Rider dan Super Sentai adalah contoh dari Tokusatsu. Namun, ada juga beberapa judul anime yang memiliki tema Tokusatsu. Apa saja?

6Samurai Flamenco

Samurai Flamenco merupakan anime bertema Tokusatsu dengan lebih banyak sentuhan komedi. Ceritanya sendiri berfokus pada seorang model pria populer bernama Masayoshi Hazama. Sedari kecil, dia sudah sering menyaksikan banyak series Sentai dan berbagai kartun superhero yang mana hal tersebut banyak memengaruhi kehidupannya. Termasuk, mimpinya untuk menjadi seorang pahlawan.

Hazama memiliki seorang teman yang merupakan anggota kepolisian bernama Hidenori Gotou. Mereka berdua kemudian bekerja sama untuk mengungkap banyak kasus kejahatan dengan cara mereka sendiri. Dan dalam ceritanya, mereka kemudian mulai menyadari apa sebenarnya yang menjadikan seseorang pahlawan. Samurai Flamenco menghadirkan perpaduan Sentai dan juga Tokusatsu dengan baik.

Dalam setiap episodenya, skala ancaman yang muncul dan ceritanya pun semakin meningkat. Misalnya, pada awalnya, Hazama hanya bertarung sendirian menghadapi penjahat. Namun, dia kemudian berhasil mengumpulkan rekan-rekannya yang lain dan membentuk tim Flamengers. Dia juga kemudian bertemu dengan karakter lain dan tim superheronya yaitu Flamenco Girls.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.