Meskipun dunia perfilman Jepang popularitasnya berada di bawah Hollywood, namun beberapa film mereka berhasil ubah sejarah perfilman di dunia. Industri film Hollywood mungkin jadi industri film yang paling sukses dan populer di dunia. Hampir tidak ada industri film di dunia ini yang mampu untuk menyamai kedigdayaan dari industri film Hollywood. Namun, dalam sejarahnya, ada beberapa film yang berasal dari Jepang yang justru berikan dampak positif dan ubah sejarah perfilman di dunia. Apa saja?

7Rashomon

Tahun 1950an jadi era yang baru bagi industri film di Jepang. Industri film di negara tersebut mulai menggeliat dan bangkit pasca perang dunia kedua. Salah satu film yang jadi pelopor kebangkitkan industri film Jepang di era tersebut adalah Rashomon. Ini merupakan salah satu karya dari sosok sutradara Jepang legendaris, Akira Kurosawa. Filmnya sendiri berkisah tentang pelecehan seksual dan kematian sang suami.

Sosok wanita tersebut jadi korba pelecehan seksual, sedangkan sang suami yang merupakan samurai harus tewas akibat dibunuh. Satu-satunya saksi mata dari peristiwa mengerikan itu adalah seorang pemotong kayu. Film Rashomon memberikan inspirasi bagi banyak film modern tentang bagaimana menulis skrip cerita menarik dengan menghadirkan banyak sudut pandang dalam satu cerita film.

Dalam film Rashomon sendiri, para penonton akan diajak melihat sudut pandang yang berbeda antara sang pelaku pelecehan, wanita yang jadi korbannya, dan juga samurai yang kemudian jadi korban. Saksi mata yang merupakan seorang tukang kayu memberikan sudut pandang tanpa bias yang bisa memberikan nilai tersendiri bagi para penonton. Film klasik Valerie adalah salah satu film yang mengadaptasi konsep ini.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.