Meskipun dunia perfilman Jepang popularitasnya berada di bawah Hollywood, namun beberapa film mereka berhasil ubah sejarah perfilman di dunia. Industri film Hollywood mungkin jadi industri film yang paling sukses dan populer di dunia. Hampir tidak ada industri film di dunia ini yang mampu untuk menyamai kedigdayaan dari industri film Hollywood. Namun, dalam sejarahnya, ada beberapa film yang berasal dari Jepang yang justru berikan dampak positif dan ubah sejarah perfilman di dunia. Apa saja?

6Yojimbo

Geeks mungkin sudah tidak asing dengan film seperti Django atau film yang lebih klasik sepert A Fistful of Dollars. Film bertema spaghetti Western memang sempat menjadi primadona terutama beberapa puluh tahun lalu. Tidak jarang juga film tersebut mendapatkan reaksi yang negatif dari orang-orang karena kontroversi dari alur cerita yang mereka hadirkan di filmnya.

Terlepas dari semua hal tersebut, film-film itu nyata terinspirasi dari film klasik Yojimbo yang rilis di tahun 1961. Tema atau konsep cerita dari film Yojimbo sendiri sebenarnya cukup sederhana dan sangat populer, yaitu ketika ada sosok asing datang ke sebuah wilayah atau kota. Sosok asing tersebut kemudian menantang pihak lainnya untuk berduel satu sama lain mencari siapa pemenangnya.

Konsep ini sudah banyak diadaptasi oleh berbagai pembuat film, mulai dari era lama hingga era modern. Bahkan, di era modern seperti sekarang, salah satu karya yang mengadaptasi konsep cerita dari Yojimbo adalah series The Mandalorian. Yang menarik juga adalah selain dari konsep cerita, cara pengam bilan gambar atau sinematografi dari film ini juga banyak menginspirasi film-film lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.