Banyak fans One Piece yang penasaran dengan seberapa dahsyat sebenarnya level kekuatan dari Monkey D Dragon. Sosok Monkey D. Dragon merupakan salah satu karakter paling penting dalam cerita One Piece, mengingat dia adalah pemimpin dari salah satu organisasi terbesar dalam sejarah. Dragon merupakan pemimpin dari organisasi Pasukan Revolusi dan jadi buronan dari World Government. Lalu, seperti apa level kekuatan dari Monkey D Dragon?

3Berbagai Kekuatan Dragon

Sebagai pemimpin dari Pasukan Revolusi dan jadi salah satu ancaman dari World Government, rasanya level kekuatan dari Dragon memang tidak main-main. Dragon kemungkinan memiliki berbagai kekuatan yang sangat dahsyat. Contohnya adalah kemampuan Haki. Bagaimana kemudian Dragon menahan serangan Smoker dan juga membantu Luffy saat berada di Loguetwon, bisa menjadi bukti bagaimana Dragon memiliki kemampuan Haki.

Mengingat reputasi Dragon, mungkin dia memiliki semua kemampuan Haki mulai dari Armament Haki, Observation Haki, dan bahkan Conqueror Haki. Juga, Dragon kemungkinan menguasai Haki tingkat lanjut. Hal ini kemudian dibuktikan oleh fakta jika Dragon adalah mantan angkatan laut di chapter 1097 kemarin. Sebagai bagian dari angkatan laut, Dragon kemungkinan menguasai salah satu Haki.

Tetapi, dengan teori jika Dragon adalah mantan admiral atau petinggi angkatan laut rasanya masuk akal jika kemudian dia memiliki ketiga jenis Haki seperti yang disebutkan di paragraf sebelumnya. Belum lagi, Dragon merupakan keturunan dari Garp yang memang memiliki kekuatan Haki sangat dahsyat. Dalam artikel sebelumnya, sempat juga dibahas  mengenai kemungkinan pewarisan Haki.

Bagaimana Luffy memiliki kekuatan Haki yang dahsyat kemungkinan adalah faktor keturunan. Dan jika memang demikian, artinya ada kemungkinan besar jika Dragon juga memiliki kemampuan Haki yang berada di atas rata-rata. Ivankov juga pernah mengatakan jika Luffy benar-benar sangat mirip dengan Dragon, artinya level kekuatan Dragon tidak bisas kita remehkan.

Selain Haki, Dragon juga kemungkinan memiliki kemampuan Ryuo. Ryuo sendiri merupakan kekuatan yang dahsyat yang mirip seperti Armament Haki, karena memang berasal dari kekuatan yang sama yaitu Haki. Bahkan, bisa dibilang Ryuo merupakan kata lainnya dari Armament Haki, karena Ryuo digunakan hanya di wilayah Wano. Meskipun mirip dengan Armament Haki, pengaplikasiannya berbeda dari Armament Haki.

Inilah yang menjadi alasan mengapa para samurai di Wano dianggap sangat hebat. Ryuo membuat seseorang mampu untuk mengalirkan Hakinya tanpa halangan dari satu titik tubuhnya ke titik yang lain. Dengan Ryuo, penggunanya bisa membuat Haki jauh lebih kuat dan lebih efektif. Mengingat beberapa karakter hebat di serinya memiliki kemampuan ini – seperti Roger dan Luffy – rasanya tidak heran jika Dragon juga menguasai tekniknya.

Kemampuan bertarung jelas jadi salah satu bukti level kekuatan Monkey D Dragon sangat istimewa. Hal ini terbukti bagaimana Dragon menguasai salah satu teknik bertarung yang sangat dahsyat yaitu Ryusoken. Ini adalah sebuah teknik bela diri di mana gerakannya sangat bergantung pada gerakan tangan dari si pengguna, terutama pada bagian jari. Jari lengan tersebut diketahui memiliki kekuatan cengkraman yang sangat dahsyat.

Dan yang juga unik adalah biasanya jari si pengguna akan membentuk naga. Sehingga inilah alasan kemudian teknik bela diri tersebut diberi nama Ryusoken yang bisa diartikan sebagai “Dragon Claw Fist” atau ‘Pukulan Cakar Naga. Saking kuatnya kekuatan cengkraman lengan dari Sabo saat menggunakan teknik ini, dia bisa menghancurkan hampir apa pun.

Dragon Miliki Kemampuan Buah Iblis – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.