Dalam dunia Naruto, menjadi shinobi sering kali digambarkan hanya tentang bertarung padahal ada profesi khusus lain yang bisa shinobi jalani. Shinobi dalam dunia Naruto adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang memang dihormati. Bahkan, para shinobi inilah yang menjadi garda terdepan dari sebuah negara. Sering kali para shinobi lebih banyak dihadirkan sebagai instrumen peperangan. Padahal, ada juga prfoesi khusus lainnya yang ada di dunia Naruto yang dijalani oleh para shinobi. Apa saja?

9Pengajar/Mentor

Profesi khusus shinobi di dunia Naruto yang pertama adalah mentor atau pengajar atau guru. Bisa dibilang, ini merupakan sebuah profesi yang sangat underrated jika membandingkannya dengan profesi lain atau bahkan ketika membandingkannya dengan profesi shinobi di medan pertempuran. Padahal, bisa dibilang, jasa mereka yang berjuang sebagai pengajar atau mentor sangat besar.

Seperti yang Geeks ketahui, sebelum seorang anak di sebuah desa ninja resmi menjadi shinobi di desa tersebut mereka biasanya harus belajar terlebih dahulu di akademi ninja. Di sana, mereka akan mempelajari berbagai hal-hal dasar untuk menjadi shinobi, misalnya mempelajari tentang jenis Jutsu, chakra, taktik pertarungan, dan sebagainya. Saat berada di akademi ini juga para para murid tersebut akan menghadapi kenaikan tingkat.

Ketika mereka hendak naik tingkat, maka mereka perlu berlatih agar bisa lulus dalam ujian yang diselenggarakan. Pengajar atau mentor ini sering kali tidak terlalu dianggap, padahal merekalah yang menjaga para shinobi baru tersebut. Mereka juga yang kemudian mengajari para shinobi baru ini berbagai macam hal. Beberapa shinobi yang masuk profesi ini misalnya Kakashi, Guy, Aburame Shino, Ebisu, dan yang paling ikonik tentunya adalah Iruka Umino.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.