Dalam dunia Naruto, menjadi shinobi sering kali digambarkan hanya tentang bertarung padahal ada profesi khusus lain yang bisa shinobi jalani. Shinobi dalam dunia Naruto adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang memang dihormati. Bahkan, para shinobi inilah yang menjadi garda terdepan dari sebuah negara. Sering kali para shinobi lebih banyak dihadirkan sebagai instrumen peperangan. Padahal, ada juga prfoesi khusus lainnya yang ada di dunia Naruto yang dijalani oleh para shinobi. Apa saja?

8Interogasi

Geeks mungkin sudah mengenal siapa sosok Ibiki Morino. Dialah shinobi yang menjalankan profesi khusus lainnya yaitu bagian interogasi. Mengulik informasi penting dari musuh atau dari pihak-pihak tertentu tentunya bukan hal yang mudah dan Ibiki sudah terlatih dan terbiasa untuk melakukan hal tersebut. Metode yang biasanya dia lakukan adalah menyiksa lawannya hingga mau memberikan informasi yang mereka butuhkan.

Ibiki sendiri merupakan salah satu shinobi Konoha yang paling berpengalaman. Buat Geeks yang mengikuti cerita Naruto, pasti mengenal sosok Ibiki, yang juga merupakan pengawas dari ujian Chunin. Dia juga merupakan sosok shinobi yang ada di garis depan ketika Konoha berada dalam situasi genting seperti saat Pain datang untuk menyerang Konoha. Dalam ceritanya, Kishimoto memang jarang menghadirkan Ibiki.

Hal ini karena Kishimoto Sensei sangat jarang menghadirkan momen interogasi dalam ceritanya. Seperti halnya menjadi pengajar atau mentor, karena jarang muncul dalam cerita utamanya dan jarang juga terlibat dalam sebuah peristiwa besar tidak heran jika profesi khusus lain dari shinobi di dunia Naruto ini juga termasuk salah satu yang underrated padahal memiliki peranan yang penting.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.