Joker adalah musuh bebuyutan Batman. Dia dikenal dengan senyum lebar dan rambut hijau, sering kali menggunakan riasan wajah putih dan bibir merah yang mencolok. Dia adalah penjahat yang sangat cerdas, kejam, dan tak terduga, sering menggunakan trik keji dan senjata aneh dalam upayanya mengalahkan Batman. Nah menariknya nih Geeks, meski sering digambarkan sebagai villain, ternyata ada juga versi Joker yang dikenal heroik. Joker dalam daftar ini sudah terbukti pernah membantu banyak orang, bahkan membantu Batman atau yang lainnya dalam mengalahkan musuh jahat. Siapa saja versi Joker paling heroik? Simak berikut ini!

5Batman: White Night

Dalam komik Batman: White Night, kita dikenalkan dengan salah satu Joker yang dikenal sangat baik dan heroik. Komik ini mengambil latar di realitas alternatif, di mana Joker memiliki identitas lain yaitu Jack Napier. Buat Geeks yang belum tahu, nama Jack Napier juga sempat digunakan Joker dalam film Batman besutan Tim Burton. Di sini, kita disuguhkan dengan Joker yang sebenarnya masih waras. Dia sembuh dari kegilaannya dan justru sangat berguna bagi Gotham. Dia memilih menjadi salah seorang anggota dewan di Gotham.

Joker menjadi anggota dewan karena dia ingin menghentikan korupsi yang marak terjadi di Gotham. Jika kalian ingat, niat itu juga pernah dimiliki oleh Harvey Dent, sebelum akhirnya bertransformasi menjadi Two-Face. Joker memang tidak menggunakan kekuatannya untuk menghentikan tingkat kejatahan, tetapi dia menggunakan kepintarannya untuk melakukan itu. Dengan cara itu, tingkat kejahatan di Gotham terbukti menurun drastis, berbeda dengan cara yang digunakan Batman pada umumnya. Oiya Geeks, komik ini sebenarnya menghadirkan cerita “kebalikan” di mana Joker menjadi sosok yang heroik, sementara Batman justru berakhir menjadi villain.

Dalam menyelamatkan Gotham, Joker tak beraksi seorang diri, karena dia juga ditemani oleh Harley Quinn. Buat kalian yang tertarik, kalian bisa membaca Batman: White Night yang rilis dari tahun 2018 hingga 2019. Komik tersebut menerima pujian kritis dan menjadi salah satu komik Batman paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Kesuksesan besar komik ini membuat penggemar membandingkannya dengan beberapa komik Batman lain seperti The Dark Knight Returns, Batman: The Long Halloween, dan Batman: Earth One.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/