Film perang memang menjadi genre yang langka. Tidak setiap tahun kita disuguhkan dengan film perang berskala besar. Mungkin dalam satu tahun, hanya ada 1 atau 2 film perang yang rilis. Hal itu sangat wajar mengingat membuat film seperti ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan anggaran dan orang-orang dibelakang layar yang memumpuni untuk memastikan filmnya berakhir baik. Biasanya, film perang juga diadaptasi dari kisah nyata. Tetapi nih Geeks, ada beberapa film perang yang justru menyimpang dari kisah nyata yang terjadi. Lantas apa saja film itu yang melenceng dari kisah nyata? Simak berikut ini!

7U-571

Film U-571 dirilis pada 21 April 2000 dan mengisahkan tentang upaya Amerika Serikat untuk merebut kode mesin Enigma, sebuah alat penyandi Jerman yang sangat rahasia. Kode ini membantu Jerman dalam mengarahkan kapal selam mereka untuk menyerang konvoi sekutu, sehingga merebut kode ini dianggap kunci strategis. Tetapi, film ini dianggap sangat menyimpang. Dalam U-571, angkatan laut AS ditampilkan sebagai satu-satunya pihak yang berhasil merebut mesin Enigma dari Jerman.

Padahal ketika itu, angkatan laut Inggris lebih dulu mengambil mesin Enigma pertama dari kapal perang Jerman pada tahun 1941, hampir tujuh bulan sebelum AS mengklaim mendapatkan Enigma. Film ini pun mengabaikan kontribusi Polandia dalam memecahkan kode Enigma dan membagikannya kepada Inggris. Faktaya, satu-satunya mesin Enigma yang berhasil didapatkan AS terjadi di tahun 1944, ketika Nazi mulai runtuh. Setelah film U-571 rilis, perdana menteri Inggris saat itu, Tony Blair, menganggap film ini sebagai bentuk penghinaan terhadap kontribusi angkatan laut Inggris.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/