Film perang memang menjadi genre yang langka. Tidak setiap tahun kita disuguhkan dengan film perang berskala besar. Mungkin dalam satu tahun, hanya ada 1 atau 2 film perang yang rilis. Hal itu sangat wajar mengingat membuat film seperti ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan anggaran dan orang-orang dibelakang layar yang memumpuni untuk memastikan filmnya berakhir baik. Biasanya, film perang juga diadaptasi dari kisah nyata. Tetapi nih Geeks, ada beberapa film perang yang justru menyimpang dari kisah nyata yang terjadi. Lantas apa saja film itu yang melenceng dari kisah nyata? Simak berikut ini!

6Pearl Harbor

Film Pearl Harbor dirilis pada 25 Mei 2001 dan disutradarai oleh Michael Bay. Filmnya mengisahkan kisah cinta dan persahabatan di tengah-tengah peristiwa penting sejarah, yaitu serangan Jepang ke Pangkalan Angkatan Laut Pearl Harbor pada 7 Desember 1941. Meskipun film ini dimaksudkan untuk menggambarkan serangan dahsyat yang dilakukan Jepang, banyak detail seperti pesawat dan teknologi yang tidak akurat.

Kesalahan yang paling kentara adalah kejadian yang diperlihatkan ketika Rafe McCauley (Ben Affleck) ditembak jatuh saat bertugas di Inggris. Hal itu tidak mungkin dilakukan pada saat itu karena tidak ada pilot Amerika yang diiznkan terbang bersama Royal Air Force, karena Amerika Serikat belum ikut serta dalam perang secara resmi. Ketidak akuratan lainnya adalah komandan Pearl Harbor yang mengetahui niat Jepang saat akan melakukan penyerangan. Padahal aslinya, dia tidak mengetahui itu akan terjadi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/