Dalam buku terbaru berjudul MCU: The Reign of Marvel Studios yang ditulis oleh Joanna Robinson, Dave Gonzalez, dan Gavin Edwards, terungkap bahwa sebenarnya ada sutradara dan aktor dilarang terlibat lagi di MCU oleh Kevin Feige. Disebutkan, “Jika Inhumans bisa direhabilitasi, tampaknya semua orang dalam sejarah MCU ada di daftar panggilan Feigeā€”kecuali Edward Norton, (pemeran) Bruce Banner pertama dalam franchise ini, dan Joss Whedon, terhadap karakter-karakter Agents of S.H.I.E.L.D.”

Pertanyaan besar penggemar pun muncul tentang apa yang jadi penyebab sutradara Joss Whedon dan aktor Edward Norton di blacklist dari MCU. Untuk Norton, ada masalah di balik layar ketika produksi The Incredible Hulk berlangsung. Sang aktor ternyata memiliki ide yang sangat berbeda tentang bagaimana film seharusnya dibuat. Meskipun produksi film tersebut berjalan sampai selesai, peran Hulk segera diganti dengan Mark Ruffalo untuk proyek-proyek MCU berikutnya. Saat itu, Feige telah mengumumkan secara publik bahwa Norton akan meninggalkan perannya.

Kevin Feige juga disebut-sebut tidak sejalan dengan Joss Whedon terkait series Marvel, Agents of S.H.I.E.L.D. Menurut buku tersebut, Feige tidak puas dengan arah yang diambil Whedon dalam series tersebut, karena keberadaan S.H.I.E.L.D. bertentangan dengan peristiwa Captain America: The Winter Soldier. Hal ini juga berkaitan dengan tulisan Feige di pengantar buku MCU lainnya, di mana dia menyiratkan bahwa semua series Marvel sebelum WandaVision tidak termasuk dalam “Timeline Suci” MCU.

Joss Whedon sendiri, sebelumnya juga sempat menyutradarai beberapa film MCU seperti The Avengers dan Avengers: Age of Ultron. Dan setelah kedua proyek tersebut, Whedon mendapat kesempatan untuk merancang series Agent of S.H.I.E.L.D. Nama Whedon memang sering kontroversial di Hollywood. Dia juga sempat dilaporkan memiliki banyak masalah dengan para pemeran Justice League, setelah Whedon ditunjuk sebagai sutradara pengganti filmnya menggantikan Zack Snyder. Dengan informasi tersebut, sudah jelas bahwa sutradara dan aktor tersebut tidak akan terlibat lagi dalam proyek-proyek MCU selanjutnya. Mengingat masih banyak aktor dan sutradara lain yang bertalenta, wajar jika akhirnya keduanya tak lagi dilibatkan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/